Syarat Jabar Future Leader Scholarship yang Perlu Diketahui Para Mahasiswa Baru

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Juni 2024 19:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Syarat Jabar Future Leader Scholarship. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Annie
zoom-in-whitePerbesar
Syarat Jabar Future Leader Scholarship. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Annie
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu syarat Jabar Future Leadership adalah berstatus sebagai mahasiswa aktif atau mahasiswa baru di Perguruan Tinggi yang dituju. Jabar Future Leader Scholarship (JFLS) merupakan program beasiswa.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs resmi beasiswa-jfl.jabarprov.go.id, beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa baru dari Provinsi Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan yang berkompeten dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Syarat Jabar Future Leader Scholarship

Syarat Jabar Future Leader Scholarship. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Beatriz
Mahasiswa baru memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan JFLS dan meraih pendidikan tinggi yang berkualitas jika memenuhi syarat-syarat yang ada. Beasiswa ini tidak hanya membantu secara finansial.
Namun juga memberikan kesempatan untuk berkembang sebagai pemimpin masa depan. Berikut adalah beberapa syarat Jabar Future Leader Scholarship yang perlu diketahui mahasiswa baru untuk bisa mendapatkan beasiswa ini.

1. Berdomisili di Jawa Barat

Syarat utama untuk mendaftar JFLS adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) yang menunjukkan bahwa mahasiswa berdomisili di Jawa Barat. Hal ini penting karena beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi putra-putri daerah Jawa Barat.
ADVERTISEMENT

2. Lulus Seleksi Akademik dan Non-Akademik

Mahasiswa baru yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus lulus seleksi akademik dan non-akademik yang diselenggarakan oleh panitia JFLS. Seleksi akademik biasanya meliputi beberapa tes.
Mulai dari tes tertulis yang mengukur kemampuan kognitif. Serta seleksi non-akademik menilai keterampilan kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan potensi lain yang relevan.

3. Prestasi Akademik

Calon penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik selama masa sekolah menengah. Biasanya, panitia menetapkan nilai minimum tertentu, seperti rata-rata rapor atau nilai ujian nasional.

4. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dari guru atau kepala sekolah menjadi salah satu syarat penting. Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa calon penerima beasiswa memiliki karakter yang baik dan layak menerima bantuan pendidikan.

5. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Bagi mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu, SKTM menjadi syarat tambahan yang harus dilampirkan. Dokumen ini dikeluarkan oleh kelurahan atau desa setempat dan menyatakan bahwa calon penerima beasiswa kurang mampu.
ADVERTISEMENT

6. Esai atau Motivasi

Calon penerima beasiswa juga diwajibkan menulis esai atau surat motivasi yang menjelaskan tujuan dan alasan mengapa ingin mendapatkan beasiswa ini. Esai ini biasanya berisi tentang rencana masa depan atau kontribusi yang akan diberikan kepada masyarakat.

7. Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi siswa, atau komunitas sosial menjadi nilai tambah dalam seleksi. Aktivitas ini menunjukkan bahwa calon penerima memiliki kemampuan kepemimpinan dan komitmen sosial yang tinggi.

8. Komitmen Mengabdi di Jawa Barat

Salah satu syarat yang penting adalah komitmen untuk kembali dan mengabdi di Jawa Barat setelah menyelesaikan pendidikan. Hal ini sejalan dengan tujuan utama JFLS untuk mencetak pemimpin yang berkontribusi dalam pembangunan daerah.
Demikianlah syarat Jabar Future Leadership yang dapat diikuti oleh mahasiswa aktif atau mahasiswa baru di Perguruan Tinggi yang dituju. (Gin)
ADVERTISEMENT