Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 9:29
·
waktu baca 2 menit

Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan beserta Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan beserta Penjelasannya (46372)
searchPerbesar
Penjelasan dan Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan, Foto: Pexels
Sel adalah kumpulan materi hidup paling sederhana dan merupakan unit penyusun pada setiap makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan di dalamnya. Namun, terdapat perbedaan sel antara hewan dan tumbuhan. Agar lebih mudah, perhatikan tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di bawah ini:
ADVERTISEMENT

Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Berikut tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang dilansir dari buku BIOLOGI : - Jilid 2, Diah Aryulina, Dkk, (2004:19-20):
Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan beserta Penjelasannya (46373)
searchPerbesar
Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan, Foto: Buku Biologi

Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

1. Ukuran
Perbedaan yang paling signifikan antara sel hewan dan tumbuhan terletak pada ukuran selnya. Sel tumbuhan mempunyai ukuran yang lebih besar dari sel hewan. Ukuran sel tumbuhan berkisar antara 10 um - 100 um, sedangkan ukuran sel hewan hanya berkisar antara 10 um - 30 um.
2. Keberadaan Dinding Sel
Dinding sel tumbuhan terdiri dari membran sel dan selulosa yang kaku. Maka dari itu, sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang dan cenderung tidak akan berubah, tidak seperti sel hewan yang bisa berubah bentuk.
ADVERTISEMENT
3. Perbedaan Ukuran Vakuola
Sel tumbuhan dan sel hewan sama-sama memiliki vakuola, tetapi ukuran dan jumlahnya berbeda. Sel tumbuhan hanya memiliki vakuola tunggal yang besar dan menempati 90% dari volume sel, sedangkan sel tumbuhan memiliki banyak vakuola berukuran kecil.
4. Keberadaan Lisosom
Sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim hidrolitik untuk membunuh bakteri di dalam tubuh dan enzim pencernaan untuk memecah molekul makanan. Sementara itu, sel tumbuhan jarang memiliki lisosom, karena pemecahan degradasi molekulnya telah dilakukan oleh badan golgi.
5. Keberadaan Kloroplas
Sama-sama memiliki mitokondria, tetapi hanya sel tumbuhan yang memiliki kloroplas, yang merupakan organel sel yang mengandung klorofil untuk proses fotosintesis.
6. Keberadaan Plastida
Sel hewan tidak memiliki plastida, sedangkan sel tumbuhan memiliki plastida yang berfungsi untuk membantu proses fotosintesis dan memberikan pigmen.
ADVERTISEMENT
7. Keberadaan Sentriol
Sel hewan memiliki organel sentriol untuk membantu proses pembelahan sel di dalam proses replikasi DNA. Nah, sel tumbuhan tidak memiliki organel sentriol, karena sistematika sitokinesis yang berbeda.
8. Keberadaan Silia
Silia merupakan organel sel hewan yang bertanggung jawab terhadap pergerakan sel. Berbeda dengan sel tumbuhan yang cenderung stabil dan tidak bergerak, karena tidak memiliki organel yang satu ini.
9. Keberadaan Plasmodesmata
Sel tumbuhan memiliki plasmodesmata, tetapi tidak dengan sel hewan. Plasmodesmata sendiri merupakan jembatan hidup yang menghubungkan sitoplasma dan memungkinkan komunikasi antar sel.
10. Kemampuan Sintesis
Sel tumbuhan dapat mensintesis semua jenis asam amino (20 jenis), sedangkan sel hewan hanya bisa mensintesis 10 jenis asam amino. Sel tumbuhan juga bisa mensintesis vitamin dan koenzim, tetapi tidak demikian dengan sel hewan.
ADVERTISEMENT
Setelah membaca penjelasan dan tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di atas, kini Anda sudah memahami perbedaan keduanya, bukan?(BRP)