News
·
22 November 2020 16:40

Tafsir Surat Al Mulk dan Aplikasinya dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Tafsir Surat Al Mulk dan Aplikasinya dalam Kehidupan (468229)
Foto: Unsplash
Tafsir surat Al Mulk bisa dipelajari kemudian diamalkan. Karena sebaik-baik pembelajaran adalah mengamalkan ilmu yang didapat. Dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian, tak hanya pahala yang didapat, melainkan juga manfaat duniawi juga akan mengikuti.
ADVERTISEMENT

Petunjuk Bagi HambaNya tentang Amalan yang Diterima

Liyabluwakum ayyukum ahsanu amalaa. Artinya, “Supaya Dia menguji kamu, siapa di anata kamu yang paling baik amalnya,”
Ayat ke 2 surat Al Mulk menjadi petunjuk untuk memperbaiki amalan. Bukan hanya sebuah niat perbaikan saja, tetapi praktik nyatanya dalam kehidupan sehari-hari. Allah akan menambahkan nilai pahala bagi siapa saja yang terus membenahi diri.

Kuasa Allah begitu Nyata

Dalam ayat 19 surat Al Mulk berbunyi, “a wa lam yarou ilath-thoiri fauqohum shoooffaatiw wa yaqbidhn, maa yumsikuhunna illar-rohmaan, innahuu bikulli syai`im bashiir
"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, Dia Maha Melihat segala sesuatu."
ADVERTISEMENT
Bahkan untuk setiap napas yang terhela, tak akan terjadi bila tanpa kuasa Allah. Maka, manusia sudah sepantasnya mengagungkan kebesaranNya, menggumamkan pujian kepadaNya. Tidak ada satu hal pun yang bisa luput dari pengawasanNya.

Ayat Pengingat agar Manusia Rajin Besyukur

Pada asyat 23-24 surat Al Mulk menjadi sebuah petunjuk agar manusia bersyukur.
qul huwallaziii angsya`akum wa ja'ala lakumus-sam'a wal-abshooro wal-af`idah, qoliilam maa tasykuruun. qul huwallazii zaro`akum fil-ardhi wa ilaihi tuhsyaruun
"Katakanlah, Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur. Katakanlah, Dialah yang menjadikan kamu berkembang biak di muka bumi, dan hanya kepada-Nya kamu akan dikumpulkan.”
Bersyukur adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Kesalahan yang dibuat pada masa lalu bisa Anda perbaiki hari ini. Hal-hal lain yang belum dicapai hari ini bisa Anda perjuangkan untuk esok hari. Sikapi semua hal dengan lebih positif.
ADVERTISEMENT
Mempelajari Alquran dan mengamalkannya akan mendapat pahala yang besar di sisi Allah. Mendalami tafsir surat Al Mulk kemudian membawanya dalam kehidupan tentu akan memberikan dampak baik. Sebagai hamba, tugas manusia adalah taat pada Allah dan menjalankan perintahnya untuk kebaikannya sendiri.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white