Konten dari Pengguna

Tanda Struktur Percabangan dalam Flow Chart

Berita Terkini
Penulis kumparan
10 Juni 2024 20:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Struktur Percabangan Ditandai dengan Tanda. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
zoom-in-whitePerbesar
Struktur Percabangan Ditandai dengan Tanda. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Flow chart merupakan alat dalam bentuk gambar atau visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses sebuah diagram. Dalam flow chart, struktur percabangan ditandai dengan tanda tertentu.
ADVERTISEMENT
Tanda tersebut harus diketahui ketika akan membuat flow chart, sebab jika tidak tahu dapat menimbulkan perbedaan pendapat. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan informasi dalam diagram tidak tersampaikan dengan baik.

Struktur Percabangan Ditandai dengan Tanda Sebagai Berikut

Struktur Percabangan Ditandai dengan Tanda. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
Flow chart merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia pemrograman maupun algoritma. Hal tersebut karena flow chart menjadi seperti penunjuk jalan atau peta bagi programer.
Dalam flow chart ini nantinya akan ada berbagai simbol yang mewakili langkah-langkah atau proses yang dilalui. Salah satu simbol yang cukup penting adalah tanda percabangan. Di mana struktur percabangan ditandai dengan tanda belah ketupat.
Dikutip dari Buku Ajar Logika & Algoritma, Khairunnisa dkk., (2023) masing-masing simbol dalam flow chart memiliki makna dan fungsi tertentu. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk panduan
ADVERTISEMENT

1. Simbol Awal

Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.

2. Simbol Proses

Simbol proses digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam sebuah proses. Simbol ini cukup penting dan biasanya digambarkan dengan bentuk persegi panjang.

3. Simbol Keputusan (Decision)

Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk diamond.

4. Simbol Input/Output

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk parallelogram.

5. Simbol Penghubung (Connector)

Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
Flow chart bisa digunakan sebagai panduan dalam merencanakan proses serta langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah secara terstruktur.
ADVERTISEMENT
Selain itu bisa juga menjadi alat untuk memudahkan komunikasi antara programer, analisis dan pengguna dalam memahami alur kerja atau sistem yang sedang dibangun.
Jadi kesimpulannya struktur percabangan ditandai dengan tanda belah ketupat atau diamond. Setiap tanda dalam flow chart memiliki makna dan fungsi masing-masing. (WWN)