Tekanan Udara Bola Voli, Standar, dan Tip Memilih Bola Voli

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 17:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Tekanan Udara Bola Voli. Sumber: Unsplash/Jannes Glas
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Tekanan Udara Bola Voli. Sumber: Unsplash/Jannes Glas
ADVERTISEMENT
Ada beberapa jenis olahraga yang menggunakan bola, misalnya voli. Bola untuk voli harus dibuat sesuai dengan ketentuan. Tekanan udara bola voli adalah sekitar 4,26 sampai 4,61 psi.
ADVERTISEMENT
Olahraga ini dimainkan secara beregu dengan dua tim yang masing-masing berisi 6 pemain. Salah satu peralatan yang penting dalam olahraga ini adalah bola voli.

Mengetahui Standar dan Tekanan Udara Bola Voli

Ilustrasi untuk Tekanan Udara Bola Voli. Sumber: Unsplash/Miguel Teirlinck
Dikutip dari Buku Jago Bola Voli, Tawakal (2020:28), tekanan udara bola voli adalah sekitar 0,48 kg/cm² sampai 0,52 kg/cm² atau 4,26 sampai 4,61 psi. Selain tekanan udara, bola voli harus mengikuti standar yang baku. Berikut beberapa aturan standar bola voli.

1. Bahan

Berdasarkan Federation Internationale de Volleyball (FIVB), bahan standar untuk pembuatan bola voli adalah kulit. Selain kulit asli, bola voli juga bisa dibuat menggunakan kulit sintetis. Bahan ini harus lentur dan di bagian dalamnya terbuat dari karet atau bahan sejenis.
ADVERTISEMENT

2. Warna

Bola voli wajib menggunakan satu warna atau kombinasi beberapa warna. Banyak bola voli yang dibuat berwarna putih. Namun, sekarang juga banyak bola voli berwarna-warni dengan kombinasi beberapa warna. Tujuan pewarnaan ini adalah supaya pemain bisa melihat bola dengan jelas.

3. Bentuk dan Keliling Bola

Bola voli harus berbentuk bulat dengan keliling sekitar 65 cm hingga 67 cm.

Tip Memilih Bola Voli yang Baik

Ilustrasi untuk Tekanan Udara Bola Voli. Sumber: Unsplash/Chandan Chaurasia
Agar olahraga voli bisa berjalan dengan baik, bola voli harus dipilih dengan tepat. Berikut beberapa tip memilih bola voli yang bisa diikuti.

1. Perhatikan Kualitas Kulit Bola

Kulit bola voli yang bagus adalah yang kencang atau tidak kendur. Kulit bola yang berkualitas dibuat dari bahan yang tebal namun empuk dan elastis. Kulit bola yang kurang berkualitas akan mudah robek jika terkena hantaman.
ADVERTISEMENT

2. Daya Pantul Bola

Daya pantul bola juga hal yang wajib diperhatikan. Bola voli yang baik adalah bola yang pantulannya lebih dari setengah jarak awal.

3. Berat dan Warna Bola

Tip selanjutnya adalah pilih bola yang beratnya sesuai dengan standar. Standar berat bola voli adalah sekitar 260 gram hingga 280 gram. Selain itu, pilih bola yang warnanya terang supaya mudah dilihat dalam permainan.
Jadi, tekanan udara bola voli adalah sekitar 0,48 kg/cm² sampai 0,52 kg/cm² atau 4,26 sampai 4,61 psi. Semoga informasinya bisa bermanfaat. (KRIS)