Teks Ijab Kabul Lengkap dalam Bahasa Arab dan Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Desember 2020 10:11 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Teks Ijab Kabul, Foto: Dok. pinterest.com
zoom-in-whitePerbesar
Teks Ijab Kabul, Foto: Dok. pinterest.com
ADVERTISEMENT
Teks Ijab Kabul wajib diucapkan oleh ayah atau wali dari pengantin perempuan dan kemudian dijawab oleh pengantin laki-laki. Ijab Kabul merupakan salah satu rukun pernikahan yang wajib dilaksanakan dalam setiap prosesi pernikahan umat muslim. Jika dilewatkan, maka pernikahan dianggap tidak sah. Selain Kalimat Ijab Kabul (shighat), yang menjadi rukun nikah menurut Khatib As-Syarbini dalam kitab Al-Iqna yakni suami, istri, wali, dan dua orang saksi.
ADVERTISEMENT
Kata ijab sendiri menurut KBBI adalah kata-kata yang diucapkan oleh wali mempelai perempuan pada waktu menikahkan mempelai perempuan. Sedangkan Kabul berarti ucapan tanda setuju (terima) dari pihak yang menerima dalam suatu akad perjanjian atau kontrak.
Kalimat Ijab Kabul ini merupakan sebuah tanda yang bermakna persetujuan kedua pihak mempelai untuk beribadah membangun rumah tangga dan hidup sebagai sebuah keluarga bersama.
Teks Ijab Kabul dapat diucapkan dalam Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia, Adapun contoh ucapannya adalah sebagai berikut:

Teks Ijab Kabul dalam Bahasa Arab

Teks Ijab dalam Bahasa Arab:
أنكحتك وزوجتك مخطوبتك بنتي ……. علىالمهر ……. حالا
Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti (sebut nama putri yang akan dinikahkan) alal mahri (mahar yang diberikan) hallan
ADVERTISEMENT
Artinya: "Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, puteriku (sebut nama putri yang akan dinikahkan) dengan mahar (sebut mahar yang diberikan) dibayar tunai".
Teks Kabul dalam Bahasa Arab:
قبلت نكاحها وتزويجها على المهر المذكور ورضيت بهى والله ولي التوفيق
Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq
Artinya: "Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah".

Teks Ijab Kabul dalam Bahasa Indonesia

Teks Ijab dalam Bahasa Indonesia:
“Saudara/Ananda ... (nama pengantin laki-laki) bin ... (nama ayah pengantin laki-laki) Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak saya yang bernama : (nama pengantin perempuan) dengan maskawinnya berupa ......, Tunai.”
ADVERTISEMENT
Teks Kabul dalam Bahasa Indonesia:
“Saya terima nikahnya dan kawinnya ... (nama pengantin perempuan) binti ... (nama ayah pengantin perempuan) dengan maskawinnya yang tersebut, tunai.”
Itulah teks ijab Kabul yang bisa dilafalkan ketika pernikahan, ada baiknya ucapan ijab Kabul antara wali dengan pengantin pria harus menyambung dan tidak terputus. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mempersiapkan pernikahannya! (RYFA)