Teks Susunan Acara Serah Terima Jabatan Secara Formal

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 17:03
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Susunan acara serah terima jabatan. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Susunan acara serah terima jabatan. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Dalam setiap acara formal, sudah pasti akan ada susunan acara agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, susunan acara juga bisa dibilang sebagai salah satu struktur utama yang penting dalam sebuah acara. Begitu pula pada susunan acara serah terima jabatan. Bagi, Anda yang ingin tahu tentang teks susunan acara yang satu ini, simak artikel berikut sampai akhir, ya.
ADVERTISEMENT

Teks Susunan Acara Serah Terima Jabatan Secara Formal

Susunan acara serah terima jabatan. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Susunan acara serah terima jabatan. Sumber: unsplash.com
Mengutip dari buku Anti Panik Berbicara di Depan Umum karya Asti Musman (2018:57), umumnya dalam acara resmi atau formal, susunan acara tersebut telah disiapkan oleh pihak panitia atau penyelenggara acara. Selain itu, format dalam susunan acara juga sudah dipersiapkan sejak lama.
Nah, berikut ini adalah teks susunan acara serah terima jabatan secara formal yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Sapaan dan Pembukaan

Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.
Sebelumnya yang kami hormati keluarga bapak…… selaku ketua yayasan….. yang saya hormati bapak…… (Dan seterusnya)

2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Selanjutnya, marilah kita beralih ke acara yang kedua yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan dipimpin oleh ibu….. Kepada ibu….. waktu dan tempat kami persilahkan.
ADVERTISEMENT

3. Penyampaian Sambutan Oleh ...

Terima kasih kami sampaikan, selanjutnya acara yang ketiga adalah penyampaian sambutan yang akan disampaikan oleh bapak …..waktu dan tempat kami persilahkan.

4. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan

Terima kasih bapak….atas sambutannya, selanjutnya acara yang keempat adalah penandatanganan berita acara serah terima jabatan …..yang akan disaksikan oleh ketua dan juga sekretaris yayasan……. Kepada yang berwenang waktu dan tempat kami persilahkan.

5. Penyampaian Sambutan Oleh ... (Pihak yang Mendapat Jabatan Baru)

Selamat kepada bapak…..selaku ... periode……, dimohon untuk bapak…… untuk menyampaikan sepatah dua patah kata, waktu dan tempat kami persilahkan.

6. Penyampaian Sambutan Oleh Ketua Yayasan

Terima kasih bapak…..atas sambutan yang sudah diberikan, sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh bapak……selaku ketua yayasan….. Kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.

7. Pemberian Kenangan-Kenangan

Terima kasih bapak…..atas sambutan yang sudah diberikan. Acara yang kedelapan adalah pemberian kenang-kenangan yang akan diwakili oleh bapak ……. Selaku ketua yayasan kepada bapak……selaku ... periode…../…..(periode lama). Kepada bapak…… (Ketua yayasan) dan bapak…… waktu dan tempat kami persilahkan.
ADVERTISEMENT

8. Doa dan Penutup

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Itu dia susunan acara serah terima jabatan secara formal. (Anne)