Tips Berpidato yang Baik dan Pandangan Mata yang Benar

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 17:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan pandangan mata saat berpidato - Sumber: Pixabay/Janeb13
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan pandangan mata saat berpidato - Sumber: Pixabay/Janeb13
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat menyampaikan pidato, seseorang harus terlihat percaya diri dan memiliki gestur tubuh yang bagus. Pandangan mata pembicara juga menjadi hal yang penting diperhatikan. Jelaskan pandangan mata saat berpidato!
ADVERTISEMENT
Pembicara tidak boleh terlihat gugup dan memiliki pandangan mata yang kosong, atau justru tidak fokus. Sebaiknya pembicara menyampaikan pidato sembari menatap audiens.

Jelaskan Pandangan Mata Saat Berpidato! Inilah yang Harus Dilakukan Pembicara

Ilustrasi jelaskan pandangan mata saat berpidato - Sumber: Unsplash/Edwin Tan
Berpidato membutuhkan kemampuan public speaking yang bagus. Hal ini karena saat berpidato harus berdiri di depan banyak orang dan semua pandangan mata tertuju pada sosok yang didepan.
Selain harus menyiapkan isi atau materi pidato yang bagus, sebaiknya orator juga menyiapkan mental dengan baik, termasuk bagaimana harus mengatur gerak tubuh di depan khalayak.
Disarikan dari buku Belajar Pidato dan MC: Panduan Mudah dan Cepat Memukau Audience Dengan Pecata Diri, Aep Saiful Hamidin, (2016:12), untuk mendukung ide atau gagasan pidato dibutuhkan gaya bahasa, gerak tubuh, kontak mata, dan perlengkapan lain yang diperlukan.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal penting yang tak boleh dilewatkan saat berpidato adalah mengatur kontak atau pandangan mata. Jelaskan pandangan mata saat berpidato!
Ketika berpidato, pandangan mata harus menatap ke audiens. Jangan sampai pandangan mata jelalatan ke mana-mana dan menghindari kontak mata.
Pandangan mata yang intens ke arah audiens akan membuat audiens lebih percaya dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Namun, jika pandangan ke mana-mana, audiens akan menganggap pembicara grogi dan tidak menguasai panggung.

Tips Berpidato yang Baik

Ilustrasi jelaskan pandangan mata saat berpidato - Sumber: Pixabay/Rocheartis
Selain mengatur pandangan mata, terdapat tips berpidato lainnya yang bisa dipraktikkan oleh calon orator. Berikut ini beberapa tipnya:
ADVERTISEMENT
Apabila diminta untuk jelaskan pandangan mata saat berpidato maka jawabannya adalah pandangan mata harus menatap audiens dengan intens. Praktikkan tips pidato di atas supaya penampilan menjadi lebih baik. (SASH)