Tips Memilih Earphone atau Headphone yang Sesuai untuk Handphone

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Februari 2024 18:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Memilih Earphone atau Headphone yang Sesuai untuk Handphone. Foto: dok. Unsplash/freestocks
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Memilih Earphone atau Headphone yang Sesuai untuk Handphone. Foto: dok. Unsplash/freestocks
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips memilih earphone atau headphone yang sesuai merupakan hal yang penting untuk diketahui bagi pengguna handphone yang ingin melengkapi aksesori handphone. Namun, earphone dan headphone memiliki perbedaan yang signifikan.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, pengguna perlu menyesuaikan tipe dan jenis earphone atau headphone yang sesuai dengan kebutuhan. Selain memilih tipe yang sesuai, pengguna juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lainnya.

Tips Memilih Earphone atau Headphone yang Sesuai untuk Handphone agar Lebih Nyaman Digunakan

Ilustrasi Tips Memilih Earphone atau Headphone yang Sesuai untuk Handphone. Foto: dok. Unsplash/Howard Bouchevereau
Mengutip dari dalam buku berjudul Organisasi dan Arsitektur Komputer, Tri Rachmadi, S.Kom (2020), jika dilihat dari segi fungsinya, earphone tidak memiliki banyak perbedaan dengan headphone.
Namun, earphone lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana dibandingkan dengan headphone. Maka dari itu, perlu pertimbangan untuk memilih earphone atau headphone yang sesuai.
Berikut ini adalah tips memilih earphone atau headphone yang dapat dijadikan sebagai panduan.

1. Menentukan Jenis Earphone dan Headphone sesuai Kenyamanan

Saat ini ada banyak sekali earphone dan headphone yang tersedia di pasaran. Masing-masing model earphone atau headphone memiliki tingkat kenyamanan dan kecocokan yang berbeda dengan penggunanya.
ADVERTISEMENT
Biasanya, untuk penggunaan aktif dengan mobilitas tinggi, earphone menjadi pilihan, sebab lebih mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan headphone digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan mendengarkan audio dengan kualitas tinggi.

2. Kualitas Audio

Earphone dan headphone yang tersedia di pasaran memiliki rentang frekuensi, kualitas suara, detail audio dan kualitas bass yang berbeda. Sesuaikan kualitas audio sesuai dengan kebutuhan penggunaan earphone dan headphone.

3. Fitur Tambahan

Fitur tambahan seperti noise cancellation, mikrofon, dan lainnya dapat menjadi pertimbangan sebelum menentukan jenis headphone atau earphone yang akan dibeli. Kelengkapan fitur tambahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

4. Tipe Konektivitas

Tipe koneksi yang disediakan earphone dan headphone dapat disesuaikan dengan tipe dan kelengkapan fitur konektivitas yang tersedia di handphone. Namun dewasa ini, kebanyakan pengguna lebih memilih tipe konektivitas Bluetooth karena dianggap lebih praktis dan mudah dihubungkan.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan konektivitas kabel yang cenderung mengganggu aktivitas, terlebih dengan mobilitas tinggi. Namun begitu, earphone dan headphone dengan konektivitas bluetooth membutuhkan pengisian baterai yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik.
Tips memilih earphone atau headphone yang sesuai untuk handphone yang dibahas dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam memilih headphone dan earphone. (DAP)