Tokoh yang Melakukan Ceramah dan Syarat Menjadi Penceramah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Januari 2023 18:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tokoh yang Melakukan Ceramah. Foto: dok. Muhammad Adil (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tokoh yang Melakukan Ceramah. Foto: dok. Muhammad Adil (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ceramah merupakan metode yang digunakan untuk menyampaikan nasihat keagamaan bagi khalayak umum. Umumnya, ceramah dilakukan oleh pemuka agama atau pendakwah yang ahli ilmu agama. Untuk mengenal lebih jauh tokoh yang melakukan ceramah dan syarat menjadi penceramah, mari kita simak ulasannya dalam artikel berikut.
ADVERTISEMENT

Tokoh yang Melakukan Ceramah dan Syarat Umum Menjadi Penceramah

Ceramah adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi ke khalayak umum. Hal ini selaras dengan pengertian ceramah yang dijelaskan dalam buku berjudul Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang disusun oleh Rabiatul Adawiyah Siregar, ‎Novia Mayang Pratama (2022:161).
Dikutip dari buku tersebut bahwa pada hakikatnya ceramah adalah cara menyampaikan informasi, penjelasan tentang suatu konsep secara lisan. Meski ceramah dilakukan untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak umum, ceramah lebih identik dengan kegiatan menyampaikan nasihat keagamaan, sama seperti metode khotbah.
Ilustrasi Tokoh yang Melakukan Ceramah. Foto: dok. Masjid Pogung Dalangan (Unsplash.com)
Khotbah atau yang juga dikenal dengan sebutan ceramah dikenal sebagai metode yang dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan nasihat kebaikan yang menyangkut soal keagamaan. Hal ini selaras dengan definisi khotbah yang dipaparkan dalam buku berjudul Dakwah Era Digital: Sejarah, Metode, dan Perkembangan yang disusun oleh M. Tata Taufik (2020:198).
ADVERTISEMENT
Tertulis dalam buku tersebut bahwa khotbah berarti menyampaikan sesuatu secara lisan kepada khalayak banyak, namun jika dilihat dari konteks penyajian, khotbah tergolong komunikasi keagamaan. Nasihat agama yang disampaikan sangat beragam, umumnya mengenai ajakan kebaikan dan perintah untuk menghindari amalan buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
Ilustrasi Tokoh yang Melakukan Ceramah. Foto: dok. Masjid Pogung Dalangan (Unsplash.com)
Umumnya, ceramah agama dilakukan oleh pemuka agama yang menguasai ilmu agama, baik itu Ustaz, Pastor, dan tokoh agama lainnya. Agar pesan keagamaan dapat tersampaikan dengan baik, maka seseorang perlu memenuhi syarat untuk dapat menjadi seseorang penceramah. Berikut ini adalah syarat umum menjadi penceramah yang perlu Anda perhatikan:
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan tentang tokoh yang melakukan ceramah beserta syarat umum yang perlu perhatikan bagi penceramah. Semoga bermanfaat. (DAP)