Tradisi Perayaan dan Tema Imlek 2024

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Februari 2024 19:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Tema Imlek 2024. Sumber: Unsplash/Donny Haryadi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Tema Imlek 2024. Sumber: Unsplash/Donny Haryadi
ADVERTISEMENT
Tema Imlek 2024 adalah tahun naga kayu. Imlek 2024 jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Pada hari tersebut, masyarakat Tionghoa akan merayakan pergantian tahun yang berdasarkan pada kalender lunar.
ADVERTISEMENT
Saat merayakan Imlek, biasanya ada sejumlah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Salah satu tradisi tersebut adalah menghias rumah dengan nuansa merah.

Tema Imlek 2024 adalah Tahun Naga Kayu

Ilustrasi untuk Tema Imlek 2024. Sumber: Unsplash/Yuwei Shaw
Dikutip dari Etnis Cina Perantauan di Aceh, Usman (2009:180), tahun baru Imlek diperingati oleh masyarakat Tionghoa di mana pun, termasuk di Indonesia. Imlek selalu dihubungkan dengan tanda binatang berdasarkan siklus zodiak Tiongkok atau shio.
Perayaan Imlek setiap tahunnya dikaitkan dengan shio dan unsur yang berbeda. Tema Imlek 2024 adalah tahun naga kayu. Pada budaya Tionghoa, naga melambangkan keberuntungan, kehormatan, dan ketangguhan.

Tradisi Perayaan Imlek di Indonesia

Ilustrasi untuk Tema Imlek 2024. Sumber: Unsplash/Sandy Millar
Sama seperti perayaan lainnya, biasanya dalam merayakan Imlek, ada beberapa tradisi khusus yang dilakukan. Berikut adalah sejumlah tradisi Imlek di Indonesia.
ADVERTISEMENT

1. Nuansa Merah

Imlek identik dengan warna merah. Saat menjelang Imlek, masyarakat Tionghoa mulai menghiasi rumah mereka dengan dekorasi serba merah. Selain untuk dekorasi, warna merah juga digunakan untuk amplop angpau dan pakaian.

2. Membersihkan Rumah

Tradisi Imlek lainnya adalah membersihkan rumah yang dilakukan setidaknya sehari sebelum Imlek. Kegiatan ini diyakini bisa membuang semua keburukan dari rumah selama satu tahun terakhir. Namun, membersihkan rumah tidak boleh dilakukan di hari Imlek karena dipercaya akan membuang rezeki.

3. Berbagi Angpau

Salah satu tradisi yang selalu dinanti adalah berbagi angpau. Biasanya, yang boleh memberikan angpau adalah yang sudah menikah.

4. Hidangan Khas Imlek

Tradisi Imlek selanjutnya adalah menyiapkan berbagai hidangan khas Imlek. Ada banyak makanan istimewa yang biasanya disiapkan seperti ikan bandeng, pangsit, lumpia, kue keranjang, manisan, buah-buahan, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

5. Menonton Barongsai

Menonton pertunjukan barongsai juga tradisi saat Imlek yang dinantikan banyak orang. Pertunjukan barongsai juga merupakan ikon dari perayaan ini. Tarian barongsai diyakini akan membawa keberuntungan dan kemakmuran untuk tahun mendatang.
Jadi, tema Imlek 2024 adalah tahun naga kayu. Selamat merayakan Imlek dan semoga tahun ini membawa kemakmuran serta semangat baru! (KRIS)