Konten dari Pengguna

Tugas Malaikat Jibril dalam Al-Quran dan Hadis

Berita Terkini
Penulis kumparan
26 Januari 2024 19:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Jelaskan Tentang Malaikat Jibril. Sumber: Unsplash/Ashkan Forouzani
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Jelaskan Tentang Malaikat Jibril. Sumber: Unsplash/Ashkan Forouzani
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Malaikat adalah makhluk gaib ciptaan Allah Swt. yang tidak pernah melanggar perintah-Nya. Jumlah malaikat ada banyak, namun hanya beberapa yang wajib diketahui seperti malaikat Jibril. Jelaskan tentang malaikat Jibril!
ADVERTISEMENT
Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing, termasuk malaikat Jibril. Tugas-tugas tersebut dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis.

Jelaskan Tentang Malaikat Jibril!

Ilustrasi untuk Jelaskan Tentang Malaikat Jibril. Sumber: Unsplash/GR Stocks
Dikutip dari Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas III, Abdilah dan Burhanudin (2021:39), malaikat adalah salah satu makhluk gaib yang diciptakan Allah Swt. Malaikat diciptakan dari nur atau cahaya. Meskipun tidak bisa melihat malaikat, manusia wajib untuk meyakini keberadaannya.
Dalam agama Islam, jumlah malaikat yang wajib diketahui ada 10 malaikat. Salah satu dari malaikat tersebut adalah malaikat Jibril. Jelaskan tentang malaikat Jibril! Semua malaikat selalu patuh terhadap perintah Allah Swt. dan masing-masing memiliki tugas tersendiri.
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul-Nya. Setelah nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad saw. wafat, malaikat Jibril mendapat tugas lain. Berikut adalah penjelasan beberapa tugas malaikat Jibril yang ada dalam Al-Quran dan hadis.
ADVERTISEMENT

1. Menyampaikan Wahyu Kepada Nabi dan Rasul

Tugas pertama malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada nabi dan rasul-Nya. Allah Swt. berfirman.

2. Pemimpin Malaikat

Malaikat Jibril juga bertugas sebagai pemimpin untuk para malaikat. Rasulullah saw. bersabda.

3. Turun ke Dunia saat Malam Lailatul Qadar

Ramadan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah malam Lailatul Qadar. Pada malam Lailatul Qadar, seluruh malaikat akan turun ke Bumi, termasuk malaikat Jibril sebagai pemimpin malaikat.
ADVERTISEMENT
Jelaskan tentang malaikat Jibril! Malaikat Jibril adalah pemimpin para malaikat dan memiliki sejumlah tugas, salah satunya adalah menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. (KRIS)