Tujuan Penggunaan Kacamata Renang oleh Para Perenang

Konten dari Pengguna
26 Agustus 2022 20:38
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tujuan Penggunaan Kacamata Renang, Foto Pexels Jim De Ramos
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tujuan Penggunaan Kacamata Renang, Foto Pexels Jim De Ramos
ADVERTISEMENT
Renang adalah salah satu olahraga paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya kolam renang yang dibangun di Indonesia. Tidak sekedar olahraga, beberapa orang pun berhasil menoreh prestasi sebagai atlet di perlombaan renang. Di samping itu, olahraga renang juga berkembang menjadi sarana rekreasi yang menyehatkan. Namun di samping itu semua, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk berenang. Hal-hal tersebut antara lain adalah penggunaan kacamata renang dengan tujuan melindungi mata kita. Mengapa demikian? Simak ulasan beserta cara kerja kacamata renang di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Penggunaan Kacamata Renang

Berenang adalah sebuah olahraga yang sudah dilakukan manusia sejak zaman dulu. Mengutip buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh Asep Kurnia Nenggala (Grafindo Media Pratama:76), berenang telah dikenal dan dilakukan sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno. Hal ini terbukti berdasarkan legenda-legenda tentang orang-orang yang telah melakukan renang dengan tujuan tertentu.
Seiring berkembangnya waktu, kacamata renang atau Goggle pun diciptakan. Sejarahnya dimulai dari abad ke-14 yang mana masyarakat Persia membuatnya dari lapisan cangkang kura-kura. Bentuk kacamata renang inipun terus berkembang hingga akhirnya diizinkan di Olimpiade tahun 1976.
Teknologi kacamata renang pun masih terus diperbarui hingga sekarang. Bahkan, kini kacamata renang ada yang dilengkapi oleh teknologi Augmented Reality atau AR untuk menayangkan waktu, jarak, titme, laju kayuhan, dan kalori yang terbakar saat berenang.
Ilustrasi Tujuan Penggunaan Kacamata Renang, Foto Pexels Mali Maeder
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tujuan Penggunaan Kacamata Renang, Foto Pexels Mali Maeder
Fungsi kacamata renang adalah untuk melindungi mata perenang dari hal-hal yang bisa mengganggu mata seperti partikel klorin dan mikroorganisme lainnya. Bila mata kita teriritasi dengan dua hal tersebut, maka mata akan menjadi merah, mata kering, penglihatan menjadi buram bahkan terinfeksi.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya kacamata renang terdiri dari lensa yang terbuat sejenis plastik bening untuk membantu para perenang melihat di dalam kolam. Nah, di sekeliling lensa dari kacamata akan diberi sejenis karet agar air tidak bisa masuk ke kacamata tersebut. Kacamata renang juga dilengkapi tali karet agar bisa dipakai perenang.
Demikian tujuan menggunakan kacamata renang. Kini, kacamata renang juga hadir dengan harga ekonomis sehingga membantu orang-orang untuk membeli dan memakainya ketika berenang.. (LOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·