Tekno & Sains
·
19 Maret 2021 16:48

Tujuan Teks Laporan Percobaan dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Tujuan Teks Laporan Percobaan dan Contohnya (437903)
Membuat teks laporan percobaan. Foto: pixabay
Dalam membuat suatu teks atau tulisan, tentulah ada tujuan tersendiri yang menjadi dasar penyusunan suatu tulisan. Artikel kali ini akan membahas mengenai tujuan teks laporan percobaan beserta dengan penjelasannya, sehingga kita akan mengerti mengapa harus membuat laporan percobaan setelah melakukan suatu eksperimen.
ADVERTISEMENT

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan merupakan suatu tulisan yang berisikan tentang suatu penelitian yang telah dilakukan, lengkap dengan tujuan dilakukannya percobaan, alat dan bahan yang digunakan, metode yang dipakai, sampai dengan hasil penelitian.
Penelitian atau percobaan yang dilakukan biasanya bersumber dari teori yang sudah ada dan kemudian dilakukan percobaan untuk membuktikannya.
Melansir dari situs kemdikbud.go.id, teks laporan percobaan memiliki struktur berikut ini:
  1. Pendahuluan, yang berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah,dan tujuan penelitian.
  2. Landasan Teori, yang merupakan sumber data yang menjadi dasar suatu percobaan, dan harus relevan dengan percobaan yang dilakukan.
  3. Metode Percobaan, yakni langkah dan prosedur yang dilakukan dalam penelitian atau percobaan.
  4. Hasil Percobaan, yang disajikan dengan runtut dan sistematis sesuai dengan hasil percobaan.
  5. Kesimpulan, merupakan inti dari percobaan yang dilakukan.
ADVERTISEMENT
Lantas apakah tujuan diadakannya teks laporan percobaan?

Teks laporan percobaan memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Bukti tertulis adanya eksperimen yang telah dilakukan
Dengan adanya teks laporan pekerjaan, maka peneliti bisa memiliki bukti otentik dan detil atas percobaan yang telah dilakukan.
2. Sebagai referensi percobaan selanjutnya
Adanya suatu teks laporan percobaan menjadi sumber data dan informasi yang bisa dijadikan rujukan dalam percobaan yang bisa dilakukan pada masa yang akan datang.
Dengan adanya teks laporan percobaan, maka percobaan yang akan dilakukan di masa depan bisa menggunakan formula percobaan yang mirip, dan mengganti bahan-bahan sampai mengubah metode yang dirasa menjadikan percobaan tersebut kurang berhasil.
Mengganti bahan dalam penelitian atau metodenya bisa membuat hasil percobaan di masa datang berbeda dengan hasil yang telah dicapai saat ini, hal inilah yang menjadikan teks laporan percobaan sangat penting untuk dibuat dengan detil dan rinci.
ADVERTISEMENT
(Adelliarosa/RA)