Ulasan Lengkap Mengenai Pluralisme Suku Bangsa Indonesia

Konten dari Pengguna
28 Oktober 2022 20:45
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://unsplash.com/@assomyron - deskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa indonesia
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/@assomyron - deskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa indonesia
Jika kamu diminta untuk deskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa Indonesia, seperti apa jawaban yang akan kamu berikan? Secara umum, pengertian pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” atau “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat.
Kemajemukan tersebut dapat dilihat dari agama, suku, ras, adat-istiadat, dll. Di Indonesia, keberagaman ini sudah ada sejak berabad-abad sebelum kemerdekaan.

Pluralisme Suku Bangsa Indonesia

Jika diminta untuk mendeskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa Indonesia, pertama kamu harus paham dulu apa yang dimaksud dengan pluralisme. Kata “plural” berasal dari bahasa Inggris yang artinya “jamak”, sedangkan “pluralitas” berarti kemajemukan. Jadi, bisa didefinisikan bahwa pengertian pluralitas masyarakat Indonesia artinya adalah kemajemukan atau keberagaman yang ada di masyarakat Indonesia. Keberagaman tersebut mulai dari suku, budaya, agama, ras, pekerjaan, dll.
Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, bangsa Indonesia terdiri dari lebih 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Dengan rincian, Suku Jawa adalah kelompok suku terbanyak di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi. Berikutnya, secara berurutan ada Suku Sunda, suku Melayu, dan suku Madura di negara ini.
https://unsplash.com/@mufidpwt
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/@mufidpwt
Perbedaan suku bangsa di Indonesia ini sebenarnya tidak terlepas dari faktor sejarah nenek moyang bangsa Indonesia yang tentunya berkaitan dengan faktor sejarah. Sejak ribuan tahun yang lalu, berbagai suku bangsa di Indonesia hidup berdampingan secara harmonis. Mereka hidup dengan sikap saling memahami dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Inilah yang membuktikan bahwa suku bangsa Indonesia sangat terbuka menerima kedatangan berbagai suku bangsa yang berbeda.
Secara singkat, jawaban yang tepat dari deskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa Indonesia adalah Pancasila. Kenapa? Karena bahkan pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pun dinyatakan bahwa bangsa dan masyarakat Indonesia terdiri dari beragam kelompok etnis yang memiliki komitmen untuk membangun Indonesia sebagai negara-bangsa.
Pancasila adalah simbol yang menyatakan hal tersebut. Pancasila menyatakan bahwa kehidupan kebangsaan itu memerlukan adanya toleransi sebagai bentuk penghargaan atas keberadaan kebudayaan masyarakat Indonesia yang beragam (Bhineka Tunggal Ika). (DNR)