Ulasan tentang Falsafah Doraemon yang Menjadi Prinsip Keberhasilannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Agustus 2023 18:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan tentang Falsafah Doraemon! Sumber Unsplash/Sean Chen
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan tentang Falsafah Doraemon! Sumber Unsplash/Sean Chen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jelaskan tentang falsafah Doraemon! Penyuka film animasi Jepang tentu tidak asing lagi dengan serial Doraemon.
ADVERTISEMENT
Doraemon adalah tokoh robot dari masa depan yang diceritakan hidup berdampingan dengan manusia. Doraemon merupakan tokoh bijak yang banyak mengajarkan nilai filosofis kehidupan.

Jelaskan tentang Falsafah Doraemon! Simak Penjelasannya

Ilustrasi Jelaskan tentang Falsafah Doraemon! Sumber Unsplash/David Kristianto
Falsafah Doraemon terkenal berkat pemikiran mantan Menpora, Adyaksa Dault. Berdasarkan buku Kewirausahaan Desain, Cucu Sutianah, Meita Annisa, Les Pingon (2022:140), berikut adalah jawaban untuk soal jelaskan tentang falsafah Doraemon!

1. D (Dream atau Impian)

Doraemon mengajarkan bahwa setiap manusia harus mempunyai impian agar ada sesuatu yang diperjuangkan di masa depan. Impian adalah hal yang menjaga agar semangat tetap hidup.
Salah satu kunci kesuksesan Doraemon adalah keyakinan bahwa impian itu bisa tercapai. Dan itu semua berawal dari mimpi.

2. O (Opportunity atau Kesempatan)

Falsafah hidup Doraemon adalah melihat peluang dan kesempatan di saat yang tepat. Kunci kesuksesan adalah jika kemampuan bertemu dengan kesempatan yang jarang datang dua kali.
ADVERTISEMENT

3. R (Reform atau Mengubah)

Mengubah diri atau mereformasi diri adalah proses yang membutuhkan waktu. Namun dengan berani mengubah paradigma atau sudut pandang yang sesuai dengan kekinian, maka kemajuan akan tercapai.

4. A (Action atau Tindakan)

Artinya mulailah melaksanakan tindakan sesuai impian yang dimiliki. Berawal dari mimpi, adanya kesempatan yang diterima dengan paradigma baru, maka selanjutnya adalah bertindak atau bekerja keras untuk mewujudkannya.

5. E (Energy atau Tenaga)

Energy yaitu memiliki semangat atau energi yang besar dan tinggi untuk meraih kesuksesan. Pastikan energi dan semangat tetap menyala, dengan menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

6. M (Mapping atau Penempatan)

Mapping yaitu melakukan pemetaan usaha dengan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities and Threat). Kenali kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan tantangan yang harus dihadapi dalam mencapai tujuan dalam hidup.

7. O (Organization atau Organisasi)

Seseorang membutuhkan lembaga atau sistem yang dapat mendukung apa yang akan dikerjakan. Organisasi akan membantunya dalam memiliki komitmen tinggi untuk tercapainya tujuan.
ADVERTISEMENT

8. N (Network atau Jejaring)

Falsafah kesuksesan yang dimiliki Doraemon adalah mengembangkan jaringan atau relasi seluas mungkin. Terutama di era globalisasi saat ini, yang membuat dunia seolah tanpa batas wilayah.
Jelaskan tentang falsafah Doraemon! Doraemon memiliki falsafah hidup sebagai kunci kesuksesan yang diambil dari inisial namanya.(DK)