Tekno & Sains15 September 2020 10:49

Foto Meteor Hijau Ini Ternyata Diambil Secara Tak Sengaja, Begini Kisahnya

Konten kiriman user
Foto Meteor Hijau Ini Ternyata Diambil Secara Tak Sengaja, Begini Kisahnya (212194)
Citra indah dari meteor yang melintas di langit India ditangkap secara tidak sengaja oleh Prasenjeet Yadav. Foto: Prasenjeet Yadav/Instagram
Malam itu memang merupakan hari keberuntungan terbaik bagi Pransejeet Yadav. Bagaimana tidak, ia berhasil memotret sebuah meteor yang memancarkan cahaya hijau saat melintas di langit India.
ADVERTISEMENT
Setiap hari, sebenarnya ada sekitar 25 juta meteor yang masuk ke atmosfer Bumi. Namun, untuk bisa melihat, apalagi mengabadikannya, ternyata amat sulit. Dibutuhkan kesabaran dan kemampuan fotografi yang tidak main-main untuk memperolehnya.
Meteor yang satu ini pun tidak berbeda. Saat itu, Yadav tengah terlelap di sebuah kota kecil di bagian selatan India, Mettupalayam. Kota ini memang berada di dekat sebuah pegunungan setempat.
Yadav terbangun pada momen yang sangat tepat. Ia melihat sebuah meteor berwarna hijau amat indah melintas di langit. Ia pun lantas mengambil kamera dan pergi ke puncak bukit setempat. Tak lama, ia berhasil menangkap sebuah foto yang sangat indah.
Hidup seorang Pransejeet Yadav memang cukup unik. Ia bahkan tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang fotografer. Yadav bahkan sudah pernah menjalani karir sebagai seorang ahli biologi.
ADVERTISEMENT
Namun, Yadav menyadari bahwa tidak banyak orang yang suka atau bahkan memahami hasil penelitiannya. Ia meyakini bahwa satu-satunya cara agar orang dapat tertarik dengan ilmu biologi adalah jika mereka dapat melihat secara langsung apa yang ia kerjakan.
Karenanya, ia pun beralih profesi sebagai seorang fotografer. Ternyata, tanggal 9 Oktober 2015 merupakan hari keberuntungannya.
Yadav pergi ke pegunungan Western Ghats dan mengatur kameranya untuk mengabil citra 15 detik eksposur setiap 10 detik hingga pukul 04:30 pagi waktu setempat. Setelah itu, ia membuat kemah dan beristirahat.
Pada hari selanjutnya, ia memeriksa hasil pekerjaannya dan melihat sebuah gambar dengan cahaya hijau indah. Awalnya, ia mengira itu hanyalah sebuah fluke pada hasil jepretannya.
Namun, ahli astronomi kemudian mengonfirmasi bahwa itu adalah meteor. Sebuah gambar yang sempurna ketika meteor tengah melintas di langit.
ADVERTISEMENT
“Saya ada di sana, dan fotografi adalah tentang hal tersebut, berada pada tempat yang tepat dalam waktu yang tepat,” ujar Yadav, dilansir Wired.
Foto yang tertangkap secara tidak sengaja ini kemduian memenangkan penghargaan National Geographic Young Explorers.
(EDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white