Tekno & Sains
·
16 Maret 2021 14:04

Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan Gigi

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan Gigi (189673)
searchPerbesar
Ilustrasi Berciuman (Foto: MadalinCalita via Pixabay)
Selain dapat menumbuhkan rasa cinta, ternyata ciuman juga baik untuk kesehatan gigi. Menurut beberapa ilmuwan, kegiatan mengunci bibir tersebut dapat membantu kesehatan gigi dan sistem kekebalan tubuh.
ADVERTISEMENT
Saat berciuman, pertukaran air liur bisa meningkatkan jumlah bakteri yang ada di mulut. Konsep bertukar air liur mungkin terdengar kotor, tetapi dapat hal tersebut dapat memberikan kekebalan tambahan terhadap jenis bakteri tertentu.
Dalam jurnal yang diterbitkan Microbiome, french kiss dengan pasangan selama sepuluh detik dapat menularkan sekitar 80 juta bakteri.
"Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan jika keragaman bakteri meningkat maka hal tersebut baik bagi kesehatan" kata peneliti di Netherlands Organisation for Applied Scientific Research (TNO), Remco Kort.
Remco menjelaskan, semua dampak kesehatan bergantung pada orang yang dicium dan jenis bakteri apa yang mereka miliki. Tentu saja, bagi orang penderita penyakit menular seperti Human Papillomavirus (HPV) atau herpes dilarang untuk berciuman. Belum lagi, kondisi pandemi saat ini yang akan menimbulkan masalah besar jika mencium orang yang baru kenal.
ADVERTISEMENT

Ciuman meningkatkan produksi air liur

Ciuman yang penuh gairah dapat meningkatkan aliran air liur. Seperti yang diketahui, air liur bisa membersihkan partikel makanan yang ada di dalam mulut. Hal ini dapat membantu menyingkirkan makanan agar tidak menempel pada gigi serta mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi.
Bagi pemakan jeruk, air liur juga bisa membantu menetralkan keasaman di dalam mulut. Selain itu, air liur juga membantu seseorang saat menelan makanan.
Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan Gigi (189674)
searchPerbesar
Ilsutrasi ciuman. Foto: Anthony via Flickr
Meskipun berciuman memiliki banyak manfaat, menjaga kebersihan mulut tetap hal yang utama. Menyikat gigi secara teratur dan membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali sehari dapat mengurangi bakteri yang ada di mulut.
Selain kesehatan gigi, berciuman juga dapat meningkatkan hubungan karena dapat memperdalam ikatan antara dua orang dan meningkatkan gairah seksual pada pasangan. Sedangkan untuk wajah, berciuman bisa menjadi salah satu bentuk senam wajah. Tidak hanya akan mengencangkan otot di wajah, ciuman juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat Anda terlihat awet muda.
ADVERTISEMENT
(MRT)