Tekno & Sains
·
11 Juni 2021 16:06
·
waktu baca 3 menit

Rumus Volume Prisma: Penjelasan dan Contoh Aplikasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Rumus Volume Prisma: Penjelasan dan Contoh Aplikasi (460475)
Ilustrasi belajar rumus volume prisma bersama (Foto: Gradikaa Aggi via Unsplash)
Rumus volume prisma merupakan salah rumus geometri atau bangun ruang dalam mata pelajaran matematika yang harus dipahami. Rumus volume yang satu ini sangat mudah dan ringkas untuk dipelajari.
ADVERTISEMENT
Pengetahuan aplikasi rumus volume prisma ini kerap muncul pada soal matematika di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA. Bahkan, rumus ini masuk dalam tes perguruan tinggi.
Selain itu, mencari rumus volume prisma juga bisa diaplikasikan pada berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui Bentuk Prisma

Sebelumnya, kamu harus mengetahui bentuk dari bangun ruang prisma. Setelah itu, kamu dapat menghitung volume atau melakukan perhitungan lainnya.
Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah prisma dalam bidang matematika merujuk pada bidang yang memiliki sepasang sisi sejajar. Kemudian, sebangun yang disebut alas dan sisi-sisi lain yang disebut tinggi.
KBBI juga menyebutkan, prisma sebagai zat padat yang memiliki bentuk geometris dengan dua bidang sejajar yang identik. Sehingga, prisma memiliki berbagai jenis bentuk, tergantung dari bentuk bangun datar pada alas yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Berbagai jenis bangun ruang seperti tabung atau balok pada hakikatnya adalah prisma. Hal ini terjadi karena alas dan tutup tabung sama-sama lingkaran. Kemudian, alas dan tutup balok sama-sama persegi panjang.
Terdapat pula berbagai variasi prisma yang dapat kamu temui. Kamu dapat menemukan prisma segitiga, prisma jajar genjang, prisma belah ketupat, prisma segi lima, dan lainnya.
Rumus Volume Prisma: Penjelasan dan Contoh Aplikasi (460476)
Ilustrasi membaca rumus volume prisma di perpustakaan (Foto: Eliott Reyna via Unsplash)

Rumus untuk Mencari Volume Prisma Adalah

Prisma sendiri memiliki bentuk geometris dengan dua bidang sejajar atau alas dan tutup yang identik. Maka, rumus mencari volume prisma adalah:
Rumus Volume Prisma = Luas Alas Prisma x Tinggi Prisma
Rumus volume prisma terdiri sebuah elemen, yaitu “luas alas prisma”. Elemen ini juga disebut dengan "luas tutup prisma”, karena bentuk alas dan tutup prisma terlihat sama dan identik.
ADVERTISEMENT
“Luas alas prisma” ini dapat kamu kerjakan berdasarkan bentuk alas prisma. Jika alas prisma berbentuk segitiga, maka kamu menggunakan rumus luas segitiga.
Jika alas prisma berbentuk belah ketupat, maka kamu menghitung dengan rumus luas belah ketupat, dan seterusnya.
Setelah melakukan perhitungan luas alas prisma, kamu harus melanjutkan dengan mengalikan tinggi prisma. Hasil perkalian inilah yang menjadi volume prisma

Contoh Soal Rumus Luas dan Volume Prisma

Kunci pemahaman matematika adalah memperbanyak latihan agar kamu bisa menghadapi soal yang akan dikerjakan.
Coba kerjakan contoh soal matematika berikut ini agar kamu dapat mengaplikasikan rumus volume prisma.
  • Contoh Soal Volume Prisma Segitiga
Yosua gemar memakan coklat. Kemarin, Yosua membeli coklat Toblerone. Coklat ini dikemas dengan kemasan berbentuk prisma segi tiga.
ADVERTISEMENT
Yosua penasaran seberapa besar coklat ini, maka dia melakukan perhitungan. Segitiga tutup kemasan Toblerone memiliki panjang alas 5 cm dan panjang tinggi 6 cm. Sedangkan tinggi kemasannya adalah 30 cm.
Lalu, berapakah volume kemasan coklat Toblerone yang dimiliki Yosua?
Rumus Volume Prisma: Penjelasan dan Contoh Aplikasi (460477)
Menghitung volume coklat Toblerone dengan rumus volume prisma (Foto: Safwan C K via Unsplash)
Mari kita bahas contoh soal ini bersama-sama.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rumus volume prisma segitiga dapat kamu hitung setelah menghitung luas tutup atau alas prisma tersebut.
Dikarenakan tutup prisma berbentuk segitiga, maka luas segitiga harus dihitung.
Rumus luas dan volume prisma segitiga dapat kamu operasikan dengan rumus “alas x tinggi : 2”. Jadi, kamu tinggal memasukkan angka yang telah diketahui.
Sehingga, rumus luas segitiga pada soal di atas menjadi “5 cm × 6 cm : 2”. Lalu, luas alas atau tutup prisma ini adalah 15 cm persegi.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, kamu harus mengalikan luas tersebut dengan tinggi prisma. Perhitungan rumus volume prisma dapat kamu lanjutkan dengan perkalian 15 cm persegi dan 30 cm.
Jadi, volume kemasan coklat Toblerone yang dimiliki Yosua adalah 450 cm kubik.
Demikianlah penjelasan rumus volume prisma dengan contoh soal. Kamu harus terus berlatih untuk mengerjakan soal ini agar lebih paham.
(RKW)