Tekno & Sains
·
23 September 2020 17:00

Ular Ini Bertelur Meski Tak Pernah Bertemu Pejantan Selama 15 Tahun, Kok Bisa?

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Ular Ini Bertelur Meski Tak Pernah Bertemu Pejantan Selama 15 Tahun, Kok Bisa? (63330)
Seekor ular piton betina di St. Louis, AS, bertelur meski tak pernah bertemu ular jantan selama 15 tahun. Foto: Facebook/Saint Louis Zoo
Para ilmuwan dibuat bingung oleh apa yang dilakukan oleh seekor ular piton betina berusia 62 tahun ini. Bagaimana tidak, ular di kebun binatang Saint Louis, AS, ini mendadak bertelur meski ia tak pernah bertemu ular jantan sejak 15 tahun silam.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya soal siapa yang membuahi ular tersebut, umur sang ular piton juga membuatnya sangat unik. Biasanya, ular piton sudah berhenti bertelur sebelum umur 60 tahun.
“Ia dipastikan menjadi ular tertua yang kita tahu sepanjang sejarah (untuk menghasilkan telur),” ujar Mark Wanner, ahli herpetologi dari Saint Louis, dilansir AP.
Wanner memastikan bahwa ular tersebut menjadi ular tertua yang masih mampu menghasilkan telur dalam dokumentasi kebun binatang. Secara total, ada 7 butir telur yang berhasil dihasilkan. Namun, tak seluruhnya sehat.
Dilansir St. Louis Post-Dispatch, dari 7 butir tersebut, 3 butir dirawat di inkubator. Sementara dua lainnya digunakan sebagai sampel genetik serta dua sisanya tidak selamat atau rusak.
Ular Ini Bertelur Meski Tak Pernah Bertemu Pejantan Selama 15 Tahun, Kok Bisa? (63331)
Ilmuwan memeriksa kondisi telur dari ular piton betina yang tak pernah bertemu ular jantan sejak 15 tahun terakhir. Foto: Facebook/Saint Louis Zoo
Misteri ihwal bagaimana ular betina itu dapat dibuahi masih membingungkan para ahli. Meski begitu, ular piton memang diketahui mampu bereproduksi secara aseksual atau tanpa pasangan lawan jenis.
ADVERTISEMENT
Ular piton juga disebut mampu menyimpan sperma dari hasil hubungan sebelumnya. Sperma yang disimpan itu membuat fertilisasi dapat terjadi pada lain waktu atau ketika sang betina sudah siap dan subur.
Ular bernama 361003 ini pertama kali hadir di kebun binatang pada tahun 1961 silam. Ular ini sebenarnya pernah bertelur beberapa kali pada tahun 1990 dan 2009. Pada tahun 1990 misalnya, ular betina ini dibuahi seekor pejantan ketika ia disimpan pada sebuah ember yang sama.
(EDR)