Urutan Warna Pelangi Beserta Filosofinya

Konten dari Pengguna
7 Mei 2021 10:14 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Unik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi urutan warna pelangi. Foto: Chinese Culture University
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi urutan warna pelangi. Foto: Chinese Culture University
ADVERTISEMENT
Urutan warna pelangi dalam bahasa Inggris dikenal dengan “Roy G. Biv” yang artinya red, orange, yellow, green, blue, indigo, dan violet.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di Indonesia, kita mengenal warna pelangi dengan sebutan “mejikuhibiniu” yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.
Pelangi sebenarnya memiliki warna yang sangat banyak. Dikutip dari howstuffworks, pelangi memiliki lebih dari satu juta warna.
Namun, mata manusia tidak bisa melihat warna tersebut secara rinci dan hanya mampu melihat tujuh warna utama.
Warna pelangi mejikuhibiniu tidak terpisah-pisah. Saat melihat lebih dekat, kamu akan melihat bahwa setiap warna tumpang tindih dan luntur menjadi satu dengan warna lain di sebelahnya.
Pelangi juga menghasilkan kilau cahaya putih yang membuat bagian dalam pelangi jauh lebih terang daripada bagian luarnya.
Berikut ini adalah susunan warna pelangi dan filosofinya, dikutip dari ScienceStruck:

Urutan Warna Pelangi yang Benar dan Filosofinya

Ilustrasi urutan warna pelangi. Foto: Pixabay
1. Merah
ADVERTISEMENT
National Geographic menyebutkan, warna merah pada pelangi adalah gelombang warna terpanjang dengan ukuran sekitar 650 nanometer. Warna merah melambangkan antusiasme, gairah, kemarahan dan energi.
2. Jingga
Jingga adalah warna yang dibentuk dari kombinasi warna merah dan kuning. Keceriaan warna kuning di pelangi seakan berpadu dengan warna merah dan mampu menenangkan agresivitas dari warna merah.
Jingga juga diartikan sebagai daya tahan, ketekunan, dan mampu merangsang nafsu makan.
3. Kuning
Kuning merupakan warna cerah yang terkait dengan kejernihan pikiran dan kesadaran. Warna ini menggambarkan keceriaan, keteraturan, dan peningkatan memori.
4. Hijau
Perpaduan warna kuning dan biru menghasilkan warna hijau yang indah. Warna ini terletak tepat di tengah keseimbangan warna, yaitu antara merah dan ungu pada spektrum warna.
ADVERTISEMENT
Hijau berarti pertumbuhan, ekspansi, kesehatan, kelimpahan, keseimbangan, kesuburan, simpati dan harmoni. Warna sejuk dan menyegarkan merupakan simbol musim semi dan kehidupan yang baru.
5. Biru
Warna biru mewakili rasa kedamaian, ketenangan, dan harmoni. Dalam musik blues, warna biru dilambangkan dengan perasaan sedih atau biasa disebut Monday Blues.
6. Nila
Nila adalah warna biru yang lebih gelap dan terlihat seperti warna biru tua.
Warna nila dianggap dapat membuka alam bawah sadar dan dikaitkan dengan intuisi, seperti kemampuan psikis, kebijaksanaan, pencapaian spiritual.
7. Ungu
Warna ungu terletak di ujung spektrum warna yang berlawanan dengan merah. Warna ini terjadi dari kombinasi antara merah dan biru.
Warna ungu yang lebih gelap melambangkan kesedihan. Sedangkan warna ungu kebiruan melambangkan idealisme.
Ilustrasi urutan warna pelangi. Foto: Unsplash
Tidak ada kesepakatan universal mengenai urutan panjang gelombang warna pelangi yang benar. Seorang ilmuwan bernama Isaac Asimov pernah mengatakan, bahwa dirinya tidak melihat nila sebagai warna yang terpisah antara biru dan ungu.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari itu, tampaknya urutan warna pelangi adalah tujuh dan termasuk nila di dalamnya.
(MRT)