Tekno & Sains
·
14 September 2021 16:50
·
waktu baca 2 menit

10 Benda yang Tidak Dapat Ditarik oleh Magnet beserta Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
10 Benda yang Tidak Dapat Ditarik oleh Magnet beserta Penjelasannya (700013)
searchPerbesar
Pixabay.com - Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet
Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus, maka tentu saja ada benda yang dapat ditarik dan ada benda yang tidak dapat ditarik magnet.
ADVERTISEMENT
Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda diamagnetik. Pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 7, Edisi Revisi 2016, terdapat pembahasan singkat mengenai magnet.
Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan adalah kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya. Tapi tidak semua benda memiliki kemampuan magnetik yang dapat ditarik oleh magnet.
Hal ini biasa disebut dengan gaya magnet. Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi. Benda magnet memiliki dua bagian ujung yang berlawanan yang disebut dengan kutub. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

10 Benda yang Tidak Dapat Ditarik oleh Magnet

Melansir dari buku Apa itu Magnet? karya Jackie Holderness, 2007, secara sederhana bisa dipahami bahwa magnet hanya bisa menarik benda-benda yang terbuat dari atau mengandung logam. Tapi, ada juga jenis logam yang termasuk dalam benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.
ADVERTISEMENT
Contoh benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet, antara lain:
  1. Kain
  2. Kawat tembaga
  3. Kayu
  4. Perhiasan emas
  5. Karet
  6. Gelas kaca
  7. Air
  8. Papan seng
  9. Keramik
10 Benda yang Tidak Dapat Ditarik oleh Magnet beserta Penjelasannya (700014)
searchPerbesar
Pixabay,com
Dari contoh tersebut, bisa kita jelaskan bahwa sebenarnya benda terbagi menjadi tiga jenis, yaitu benda yang dapat ditarik magnet dengan kuat, benda yang ditarik magnet dengan lemah, dan benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet sama sekali.
Benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan kuat disebut benda/bahan ferromagnetik. Benda yang hanya dapat ditarik dengan lemah oleh magnet disebut benda/bahan paramagnetik. Sedangkan benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda/bahan diamagnetik.
Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet umumnya adalah benda yang tidak terbuat dari atau mengandung logam. (DNR)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white