10 Komponen Sistem Bahan Bakar Karburator dan Cara Kerjanya

Konten dari Pengguna
15 September 2023 18:29
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sistem Bahan Bakar Karburator, Foto: Unsplash/deepblue4you.
ADVERTISEMENT
Mobil memiliki peforma yang baik jika dirawat dengan baik. Saah satu cara merawat mobil dengan rutin servis agar berbagai komponen seperti karburator dapat terjaga. Selain itu, mengetahui 10 komponen sistem bahan bakar karburator juga penting
ADVERTISEMENT
Masing-masing komponen mempunyai perannya sendiri-sendiri. Jika ada satu komponen yang rusak, maka mobil pun tak bisa berjalan dengan maksimal. Itulah mengapa pengetahuan akan komponen-komponen tersebut penting.

Komponen Sistem Bahan Bakar Karburator

Ilustrasi Sistem Bahan Bakar Karburator, Foto: Unsplash/Paulbr.
Jadi, apa saja 10 komponen sistem bahan bakar karburator? Dikutip dari buku Pengetahuan Komponen Mobil: Edisi Revisi karya Drs. Daryanto (2021: 49), inila komponen-komponen tersebut dan penjelasan cara kerjanya.

1. Float Chamber

Fungsi utama dari float chamber atau ruang bakar yaitu sebagai ruang atau tempat pembakaran dan posisi ruang bakar berada di kepala silinder.
Ruang bakar akan menjadi tempat pembakaran yang mencampurkan bahan bakar dengan udara hasil kompres dari sebuah torak yang ada di silinder.

2. Floater

Pelampung atau floater memang akan bekerja pada kondisi bahan bakar yang tinggi atau rendah. Pelampung tidak akan bekerja saat bahan bakar terlalu banyak atau banjir.
ADVERTISEMENT

3. Choke Valve

Fungsi utama dari choke valve adalah menambah campuran dalam sebuah bahan bakar mobil, sehingga kendaraan akan mudah untuk dihidupkan dan dipakai untuk menjalani berbagai aktivitas keseharian.

4. Throttle Valve

Thorttle valve menjadi salah satu komponen yang sangat membutuhkan perawatan dan dengan sering melakukan pengecekan kondisi komponen, maka performa mobil akan tetap stabil.

5. Main Jet

Fungsi main jet adalah untuk mengontrol pasokan bahan bakar di dalam ruang pembakaran.

6. Jet Needle

Jet Needle juga menjadi komponen karburator yang memiliki peranan penting. Komponen jet needle memang tidak begitu familiar, namun tetap penting untuk di cek kondisinya.

7. Slow Jet

Slow Jet adalah komponen karburator yang berguna untuk melakukan suplai bahan bakar dan udara yang bersih saat kondisi kendaraan dalam posisi idle.

8. Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Piston Valve Screw dan Pilot Screw juga menjadi komponen karburator yang tidak kalah pentingnya, karena menunjang kinerja suatu mobil.
ADVERTISEMENT

9. Main Nozzle

Komponen ini akan bekerja sebagai pemancar utama dari sebuah bahan bakar kendaraan.

10. Venturi

Venturi adalah sebuah bagian sempit yang posisinya berada di dalam sebuah tabung karburator dan venturi memiliki fungsi untuk meninggikan kecepatan dari aliran udara.
Itulah uraian mengenai komponen sistem bahan bakar karburator dan cara kerjanya. Kesepuluh komponen tersebut bisa membuat karburator bekerja untuk mencampurkan udara dan bahan bakar. (Umi)