3 Baju Adat Jokowi yang Berhasil Curi Perhatian Publik

Konten dari Pengguna
15 Agustus 2020 23:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi Foto: Kumparan
Salah satu fakta menarik dari Jokowi adalah sering menggunakan baju adat daerah saat akan menghadiri acara kenegaraan. Baju adat yang dikenakan Presiden Indonesia itu selalu berhasil menarik perhatian publik karena memiliki keunikan. Seperti pada Jumat kemarin saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Baju yang digunakannya saat itu adalah baju adat Suku Sabu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tindakan tersebut tampak menuai pujian karena Jokowi selalu mengenakan baju adat daerah yang berbeda-beda.

Baju Adat Jokowi yang Menarik Perhatian Publik

1. Baju Adat Sabu NTT

Pakaian adat yang dipilih oleh Presiden Jokowi tampak menarik perhatian. Pakaian adat Sabu terdiri dari topi, kain tenun yang tampak menyilang pada bagian dada, dan aksesoris berupa kalung dan sabuk berwarna emas. Kain tenun tersebut digunakan sebagai sarung. Warna khas milik Pulau Sabu, NTT, emas memberikan kesan tegas.
Hal ini dikarenakan saat digunakan bersama dengan kemeja hitam lengan panjang yang berada di dalam membuat Presiden Jokowi tampak gagah. Untuk mengimbangi penampilan baju adat tersebut, Jokowi mengenakan masker yang berwarna hitam. Dengan tampilan tersebut semakin menampilkan kesan tegas pada Jokowi.
ADVERTISEMENT

2. Baju Adat Klunglung Bali

Salah satu baju adat yang dikenakan oleh Jokowi pada upacara peringatan HUT RI yang ke-74 berhasil menarik perhatian banyak publik. Dengan motif hitam berpadu dengan kain batik yang digunakan sebagai bawahan dan tutup kepala membuat tampilannya menjadi menarik.

3. Baju Adat Sasak NTB

Pada bulan Agustus 2019 lalu, saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi tampak mengenakan baju adat Sasak. Baju adat tersebut berasal dari Nusa Tenggara Barat di mana tata busana yang dikenakan adalah busana Datu atau Raja. Baju atasan yang dikenakan Jokowi berwarna cokelat dengan bawah terdiri dari 3 warna.
Yaitu warna hitam, warna emas, dan warna oranye. Selain itu, aksesoris berupa kerisl terpasang di bagian depan menambah kesan menarik saat dipakai oleh Presiden Jokowi. Pada bagian atas kepala, mahkota yang digunakan adalah asapuk dan bawahan songket memiliki motif Subahnate.
ADVERTISEMENT