Food & Travel
·
19 Juli 2021 17:33
·
waktu baca 2 menit

3 Fakta Menarik Tari Tor Tor yang Perlu Diketahui Masyarakat Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
3 Fakta Menarik Tari Tor Tor yang Perlu Diketahui Masyarakat Indonesia (83053)
searchPerbesar
Ilustrasi tari tor tor. Sumber: kualanamu-airport.co.id
Indonesia dikenal sangat kaya akan keragaman budayanya yang khas. Misalnya saja dalam segi kebudayaan seni tari, Indonesia juga terbilang memiliki beragam tari tradisional yang perlu dilestarikan dari generasi ke generasi. Sebagai bagian dari warga negara Indonesia, maka kita juga haruslah mengenal berbagai seni tari khas nusantara tersebut agar tetap lestari.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini Tim Berita Update akan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengetahui fakta menarik dari tari Tor Tor yang merupakan kebudayaan khas Sumatera Utara.
Berasal dari daratan Sumatera Utara, tari Tor Tor sendiri secara khusus berasal dari kebudayaan Batak Toba yang telah ada sejak ratusan tahun lalu lho! Tarian ini sendiri bagi suku Batak Toba dianggap sebagai tarian sakral yang hanya dipentaskan pada waktu-waktu tertentu saja.

3 Fakta Menarik Tari Tor Tor yang Perlu Diketahui Masyarakat Indonesia

Menurut keterangan dalam buku Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional (2009: 6), tari tor tor merupakan tarian yang memiliki gerakan seirama dengan iringan musik tradisional seperti gondang, suling, dan terompet batak.
ADVERTISEMENT
Umumnya, gerakan tari tor tor itu sendiri terbilang sederhana, namun biasanya gerakan bagi perempuan ataupun laki-lakinya sendiri akan memiliki perbedaan.
Berikut ini fakta menarik tentang tari Tor Tor :
1. Jika umumnya tarian atau seni tari tradisional memiliki tujuan sebagai sarana hiburan, maka tari tor tor sendiri tidak hanya berperan sebagai media hiburan namun juga dianggap sebagai sarana ritual upacara adat lho!
2. Seperti yang sudah disebutkan tadi, tari tor tor adalah tarian sakral yang berperan sebagai sarana penyampaian batin kepada roh-roh leluhur ataupun kepada orang-orang yang dihormati. Itu sebabnya, tari tor tor biasa dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti pada upacara kematian, ritual penembuhan, saat musim panen, ataupun saat menyambut tamu-tamu penting.
ADVERTISEMENT
3. Keunikan lain yang dimiliki tari tor tor ialah terletak pada para penarinya yang wajib mengenakan kain ulos khas Batak. Disamping itu, saat tengah menaripun para penari tor tor memiliki aturan mutlak bahwa tangan penari tersebut tidak boleh melewati batas kira-kira setinggi bahu.
Sebaliknya jika aturan tersebut dilanggar, maka penari tersebut akan dianggap ingin menantang dan hal hal itu sendiri diyakini dapat mendatangkan kesialan.
Demikianlah ulasan singkat tentang fakta menarik tari tor tor khas Batak yang perlu diketahui masyarakat Indonesia. Dari beberapa fakta tadi, hal mana saja yang baru Anda ketahui? (HAI)