Tekno & Sains
·
15 September 2021 14:10
·
waktu baca 3 menit

3 Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan serta Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
3 Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan serta Penjelasannya (624799)
searchPerbesar
unsplash.com- Perbedaan air tanah dengan air permukaan
Pada buku pelajaran Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8, subtema 2, ada suatu pembahasan mengenai perbedaan air tanah dengan air permukaan yang bisa kita ketahui. Berdasarkan letak dan asalnya, secara umum air bisa dibagi ke dalam tiga jenis, yakni air permukaan, air tanah, dan air angkasa. Kali ini akan dibahas mengenai air tanah dan air permukaan.
ADVERTISEMENT
Perbedaan air tanah dengan air permukaan yang paling tampak sebenarnya bisa disimpulkan dari namanya. Tapi, untuk lebih jelasnya kita bahas bersama dalam artikel ini yuk!

3 Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai perbedaan air tanah dengan air permukaan, kita simak dulu pengertian dan karakteristik dua jenis air ini.
Air tanah (Groundwater)
Air tanah adalah seluruh bentuk aliran air hujan yang mengalir di bawah permukaan tanah sebagai akibat dari gaya gravitasi bumi, struktur perlapisan geologi, dan beda potensi kelembaban tanah. Air bawah permukaan inilah yang kemudian dikenal sebagai air tanah.
Karakteristik air tanah:
  • Air tanah terkandung di bawah lapisan tanah atau batuan.
  • Sumber air tanah adalah hujan yang merembes ke dalam tanah, sungai yang menghilang di bawah tanah dan salju yang mencair.
  • Air tanah umumnya lebih bersih karena terdapat batuan yang bertindak sebagai filter untuk mengurangi polutan.
  • Air tanah kaya akan mineral penting yang dihasilkan dari proses penyaringan oleh batuan dan pengendapan.
ADVERTISEMENT
Air permukaan (Surface water)
Pengertian air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai danau, lahan basah, atau laut
Karakteristik air permukaan:
  • Air permukaan tidak memiliki kandungan mineral yang terlalu tinggi.
  • Air permukaan banyak terkontaminasi oleh berbagai jenis limbah, seperti pestisida, insektisida, limbah industri, limbah hewan, ganggang dan banyak bahan organik lainnya.
  • Karena letaknya di permukaan tanah, memudahkan untuk digunakan.
  • Air permukaan dapat bergerak, maupun diam.
3 Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan serta Penjelasannya (624800)
searchPerbesar
unsplash.com
Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan
Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan 3 perbedaan air tanah dengan air permukaan seperti berikut ini.
1. Letaknya
Perbedaan air tanah dengan air permukaan yang paling utama adalah pada letaknya. Air tanah terletak di dalam permukaan tanah yang berlapis-lapis, sedangkan air permukaan bisa ditemukan dengan mudah di permukaan tanah.
ADVERTISEMENT
2. Cara Mendapatkannya
Untuk mendapatkan air tanah, kita perlu menggali atau mengebor sumur dan memompa air keluar dari tanah. Sementara air permukaan bisa didapatkan atau diambil dengan mudah karena letaknya yang berada di permukaan tanah.
3. Kebersihan Air dan Kandungan Mineralnya
Karena air tanah diambil dari lapisan-lapisan tanah, maka otomatis air tanah lebih bersih dibandingkan air permukaan. Ini disebabkan karena air tanah sudah melaluii proses penyaringan beberapa lapisan tanah sebelum terendap.
Air tanah juga memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan air permukaan. Hal ini terjadi karena aksi pelarutan air pada air tanah lebih besar, yang menyebabkan tingkat mineral pada air tanah lebih tinggi. Ini yang menjadi alasan kenapa air tanah biasa disebut dengan air keras, karena air tanah dengan mineral yang tinggi mengandung beberapa jenis ion, seperti kalsium dan magnesium.
ADVERTISEMENT
Sedangkan air permukaan lebih mudah terkontaminasi karena letaknya di permukaan, maka air permukaan bisa menjadi lebih kotor dari air tanah. Selain itu, tingkat kandungan mineralnya lebih rendah yang mengakibatkan air permukaan juga disebut dengan air lunak. (DNR)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white