News
·
5 Desember 2020 17:57

3 Suku Bangsa di Indonesia yang Punya Mata Biru, Unik!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Suku bangsa di Indonesia memang sangat beragam mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, beberapa suku diantaranya sangat unik karena punya mata biru yang mirip dengan bangsa Eropa.
ADVERTISEMENT
Rata-rata orang Indonesia memang memiliki mata berwarna hitam, sehingga tak jarang banyak yang memakai softlens berbagai warna untuk mengubah tampilannya. Namun, berbeda dengan beberapa suku ini, tak perlu bantuan softlens untuk mendapatkan mata biru karena diberikan anugerah yang berbeda dari kebanyakan orang Indonesia.
Zaman dahulu, Indonesia memang banyak disinggahi oleh bangsa-bangsa Eropa yang menetap dan menikahi penduduk asli Indonesia, sehingga menghasilkan peranakan bermata biru dan kulit putih seperti orang Eropa. Berikut di bawah ini suku yang punya mata biru.

Suku Lingon, Maluku

3 Suku Bangsa di Indonesia yang Punya Mata Biru, Unik! (130604)
Foto: berenam
Suku Lingon berada di pedalaman Halmahera, Maluku. Banyak diantara warganya yang punya mata biru dan berkulit putih. Namun, keberadaan suku ini masih menjadi misteri karena berada di pedalaman Halmahera.
ADVERTISEMENT
Menurut cerita rakyat yang beredar, asal usul mata biru tersebut berasal dari kapal Eropa yang karam di Halmahera, penumpangnya banyak yang selamat dan terdampar di pulau ini dan tak bisa pulang ke negara asalnya.
Akhirnya, mereka membangun pemukiman di dalam hutan Halmahera Timur walaupun sempat terjadi konflik antar suku asli di sana dengan orang Eropa tersebut. Tidak adanya senjata, membuat orang Eropa kalah dan memulai hidup dengan orang suku di sana. Mereka mulai mengikuti tradisi-tradisi suku di sana hingga menghasilkan campuran keturunan yang punya mata biru.

Lamno, Aceh

3 Suku Bangsa di Indonesia yang Punya Mata Biru, Unik! (130605)
Foto: egyptsearch
Lamno menjadi kampung yang terkenal dengan ciri fisik yang mirip orang Eropa dan berbeda dengan warga Aceh kebanyakan. Lamno terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.
ADVERTISEMENT
Banyak warganya yang punya mata biru yang disebut sebagai anak cucu dari bangsa Portugis, mereka merupakan hasil kawin campur dengan penduduk setempat zaman dahulu kala.
Saat itu banyak orang Portugis yang berdagang di Aceh dan menikahi penduduk asli hingga menyisakan jejak. Namun, bencana tsunami Aceh 2004 silam nyaris membuat punah warga keturunan Portugis di Lamno.

Suku Simpou, Sulawesi Tenggara

3 Suku Bangsa di Indonesia yang Punya Mata Biru, Unik! (130606)
Foto: medcom.co.id
Simpou berada di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Warganya punya mata biru yang unik dari kebanyakan orang Indonesia. Suku ini pertama kali ditemukan oleh peneliti bernama La Ode Yusrie.
Berdasarkan asal usulnya, mata biru warganya didapatkan dari pelaut Portugis yang singgah di salah satu tempat daerah pulau Simpou. Nama La Dala menjadi salah satu sebutan bagi pemilik mata biru yang diterjemahkan Bahasa setempat artinya ‘orang berjalan’ atau sebutan yang digunakan untuk pelaut Portugis jaman dulu.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, hanya tersisa 10 orang yang punya mata biru disana, sisanya hanya punya perawakan seperti orang Eropa, namun tidak bermata biru.
Nah, itu dia suku di Indonesia yang punya mata biru. Unik sekali ya! Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?
(RDY)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white