4 Macam Rasi Bintang untuk Petunjuk Arah yang Perlu Diketahui

Konten dari Pengguna
22 Juli 2021 17:20
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rasi bintang. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rasi bintang. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Rasi bintang secara umum dikenal sebagai susunan dari kelompok bintang dilangit yang terlihat saling berdekatan dalam penglihatan manusia. Jika pada malam hari kita menatap ke langit dan melihat ada bintang-bintang yang saling berkelompok dan memiliki warna yang terang, maka kumpulan bintang itulah yang bisa disebut sebagai rasi bintang.
ADVERTISEMENT
Dalam ilmu sains, susunan rasi bintang sendiri dapat dimanfaatkan sebagai petunjuk arah mata angin lho! Jauh sebelum teknologi di temukan, banyak orang yang memanfaatkan keberadaan rasi bintang tertentu sebagai petunjuk arah. Disamping itu, posisi rasi bintang juga dapat dimanfaatkan dalam keperluan pertanian, keagamaan serta ramalan mitologi.

4 Macam Rasi Bintang Sebagai Petunjuk Arah

Mengutip dari postingan akun instagram Kemdikbud pada (17/5/21) lalu, rasi bintang bisa didefinisikan sebagai sekelompok bintang yang terlihat di langit malam yang mana tampak saling terhubung dan membentuk formasi tertentu. Rasi bintang itu sendiri dapat dijadikan sebagai petunjuk arah karena umumnya bintang bergerak secara teratur dan dapat diprediksi. Untuk dapat menjadikan rasi bintang sebagai petunjuk arah, maka kita perlu memfokuskan diri pada bintang-bintang yang bersinar terang.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari New Edition Mega Bank Soal, Uly Amalia dkk. (2017: 335), terdapat setidaknya 4 rasi bintang yang dapat digunakan sebagai petunjuk arah. Adapun rasi-rasi bintang tersebut diantaranya ialah:
  • Rasi bintang ursa mayor/biduk/great bear/beruang besar, sebagai petunjuk arah utara, terdiri dari 7 bintang
  • Rasi bintang pari/crux, sebagai petunjuk arah selatan berbentuk seperti layang-layang dengan 4 titik bintang
  • Rasi bintang kalajengking/scorpio, sebagai petunjuk arah tenggara berbentuk seperti kalajengking
  • Rasi bintang orion/waluku, sebagai petunjuk arah barat. Rasi orion juga biasanya dijadikan petunjuk bagi para petani untuk mulai menggarap tanah pertaniannya.
Demikianlah ulasan singkat tentang 4 rasi bintang yang dapat digunakan manusia sebagai petunjuk arah dan waktu bercocok tanam yang tepat. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. (HAI)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·