News
·
17 Februari 2021 10:10

4 Rumah Adat Tradisional yang Ada di Wilayah Kalimantan!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
4 Rumah Adat Tradisional yang Ada di Wilayah Kalimantan! (107918)
Ilustrasi Rumah Adat, sumber: Rumah Com
Rumah adat merupakan salah satu fakta menarik yang dimiliki oleh negara Indonesia. Setiap suku dan bangsa mempunyai kebudayaan yang berbeda. Tidak heran jika banyak beragam budaya, seni, dan lain sebagainya. Rumah adat salah satu bukti yang bisa dilihat. Setiap rumah di daerah mempunyai ciri khas masing-masing.
ADVERTISEMENT
Seperti di wilayah Kalimantan yang juga mempunyai beberapa rumah adat tradisional. Berikut kami rangkum dari buku Ringkasan Pengetahuan Sosial (2009: 64) oleh A. Taufiq Hidayatullah, Penerbit Grasindo.

Rumah Adat Daerah Kalimantan Barat

Di wilayah Kalimantan Barat, rumah adat di sana bernama Istana Kesultanan Pontianak. Berbentuk seperti panggung, rumah ini mempunyai bagian bawah yang tidak dipergunakan. Rumah adat di sana terbuat dari kayu besi, sementara bagian atapnya dibuat dari sirap kayu besi.
Pada bagian sisi kiri dan kanan rumah adat ini terdapat beberapa kamar. Sementara di bagian tengah akan terlihat singgasana. Tempat tersebut menjadi tempat di mana sultan mengadakan pertemuan.
Rumah Adat Daerah Kalimantan Tengah
Di wilayah Kalimantan Tengah, terdapat Rumah Betang di mana penghuni rumahnya lebih dari 20 kepala keluarga. Wah, ramai sekali, bukan? Bentuk rumah Betang ini panjang dan di bawahnya biasanya digunakan untuk menumbuk padi atau menenun. Di dalam rumah tersebut, ada enam kamar.
ADVERTISEMENT
Kamar-kamar itu diperuntukkan untuk menyimpan berbagai alat perang. Tidak hanya itu saja, kamar itu juga digunakan untuk pendidikan gadis, tempat upacara adat, tempat menginap, tempat menerima tamu, dan tempat menerima sajian.
Rumah Adat Kalimantan Selatan
Nama rumah adat di wilayah Kalimantan Selatan adalah Rumah Banjar Bubungan Tinggi. Rumah tersebut mempunyai atap yang dibuat tinggi. Sementara di bagian depan, dijadikan sebagai teras atau disebut sebagai pelatar untuk keluarga bersantai.
Rumah Adat Kalimantan Timur
Rumah Lamin bisa Anda temukan di wilayah Kalimantan Timur. Rumah adat tradisional ini memiliki bentuk seperti panggung yang mempunyai tinggi 3 meter. Pada bagian ujung atap dibuat seperti model kepala naga. Model tersebut dianggap sebagai simbol dari keagungan.(ANG)
ADVERTISEMENT