News
·
16 Februari 2021 13:30

5 Alat Musik Tradisional Khas Papua yang Jarang Diketahui!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Alat Musik Tradisional Khas Papua yang Jarang Diketahui! (1845)
Ilustrasi Alat Musik Tradisional, sumber: Encyclopedia Tourism Jakarta
Alat musik tradisional merupakan salah satu seni yang legendaris di Indonesia. Banyak sekali daerah yang mempunyai alat musik khusus dan menjadi ciri khas. Tidak heran jika sampai saat ini, alat musik tersebut dilestarikan agar terus dikenal oleh masyarakat luas budanya. Biasanya alat musik di zaman dulu digunakan untuk upacara adat.
ADVERTISEMENT
Salah satu daerah atau wilayah yang mempunyai alat musik tradisional khas adalah Papua. Apakah Anda sudah tahu atau masih ingat apa saja alat musik yang berasal dari sana? Ada beberapa alat musik dari Papua menurut buku Alat Musik Tradisional Nusantara (2016: 57) oleh Akhmalul Khuluq, JPBOOKS.

Alat Musik Tradisional Papua Tifa

Tifa di Papua bentuknya berbeda dengan di Maluku, yakni berbentuk panjang serta melebar. Alat ini juga mempunyai pegangan di salah satu bagian dan terbuat dari kayu serta kulit. Biasanya Tifa akan digunakan dalam upacara adat di Papua, mengiringi tarian, atau menyambut tamu.
Bisa dibilang, Tifa mempunyai kemiripan dengan kendang di mana bagian tengahnya dilubangi. Tarian yang biasa diiringi dengan alat musik Papua Tifa adalah tari perang.
ADVERTISEMENT
Alat Musik Papua Triton
Alat musik di Papua ini terbuat dari bahan yang agak unik, yakni dari kerang. Cara memainkan alat musik Triton adalah dengan ditiup. Biasanya alat musik tersebut ada di seluruh pantai, terutama di daerah Nabire, Yapen, Biak, dan daerah lainnya. Dulu, alat musik Triton mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi. Namun, sekarang jadi sarana hiburan.
Alat Musik Papua Atowo
Saat ini, alat musik Atowo sudah cukup sulit untuk ditemukan. Bentuk Atowo panjang, bulat, kecil serta lumayan ringan. Cara memainkannya adalah menggunakan kedua tangan dengan memukul sehingga terdengar bunyi yang indah.
Krombi
Alat musik ini terbuat dari bambu dan mempunyai fungsi sebagai pengiring tarian saat acara adat di Papua. Krombi akan dimainkan dengan kayu kecil serta diketuk pada bambu. Alat musik Krombi awalnya berasal dari Suku Tehit.
ADVERTISEMENT
Kecapi Mulut
Kecapi mulut merupakan alat musik dari bambu wuluh yang ada di Papua. Cara memainkannya adalah dengan menjepit di antara bibir lalu ditiup sambil menarik tali. Berasal dari Suku Dani, alat musik ini terbilang cukup unik.(ANG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white