5 Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt. bagi Pemeluk Agama Islam

Konten dari Pengguna
27 September 2023 20:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt.?. Sumber: Pexels/Michael Burrows
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt.?. Sumber: Pexels/Michael Burrows
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. merupakan pertanyaan umum yang pernah melintasi benak pemeluk agama Islam. Hal ini disebabkan seorang muslim sebagai makhluk ciptaan Allah Swt. tentu ingin selalu dekat dengan penciptanya.
ADVERTISEMENT
Ketika seorang muslim merasa dekat dengan Allah, dirinya dapat merasakan berbagai kemudahan dalam hidup. Beberapa contoh adalah kemudahan dalam menghadapi segala urusan, kemudahan untuk mendapat ketenangan hati dan kemudahan lainnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt. dalam Agama Islam?

Ilustrasi Bagaimana Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt.?. Sumber: Pexels/RDNE Stock project
Sebelum mengetahui jawaban dari pertanyaan bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt., seorang muslim dapat memahami maksud dari takwa terlebih dahulu. Pemahaman tersebut dapat membantu dalam mengenal cara bertakwa.
Dikutip dari buku 20 Jalan Keberuntungan dan 20 Penyebab Kerugian, Abdurrahim (2022: 79), takwa adalah menjadikan kepatuhan dalam mengerjakan perintah dan menjauhi larangan Allah sebagai perlindungan dari azab-Nya.
Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt, memiliki kaitan dengan meningkatkan kepatuhan kepada-Nya. Berikut adalah lima contoh cara untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.
ADVERTISEMENT

1. Memperbaiki Salat

Dikutip dari buku Ajak Aku ke Surga, Ibu!, Aizid (2018: 47), cara pertama dan utama untuk meningkatkan iman serta takwa kepada Allah Swt. adalah memperbaiki salat. Pasalnya, salat merupakan tiang agama Islam.
Seorang muslim dapat memulai langkah untuk meningkatkan ketakwaan dengan cara memperbaiki salatnya, terutama salat lima waktu. Beberapa contoh adalah mulai untuk disiplin salat lima waktu, salat di awal waktu, serta niat karena Allah.

2. Mempelajari Alquran

Cara kedua adalah mempelajari Alquran. Pasalnya, Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang di dalamnya terdapat berbagai macam kisah, pelajaran, aturan, perintah, serta larangan yang bersumber langsung dari Allah Swt.
Mempelajari Alquran dapat meningkatkan ketakwaan sebab dapat membuat seorang muslim memahami perintah dan larangan Allah Swt, secara jelas. Jadi, tidak ada lagi keraguan dalam menjalani kehidupan sementara di dunia.
ADVERTISEMENT

3. Mengikuti Kajian Agama Islam

Cara ketiga adalah mengikuti kajian agama Islam. Kegiatan tersebut dapat membuat seorang muslim memperoleh pelajaran mengenai berbagai topik seputar Islam, baik itu akidah, fikih, maupun lainnya.
Selain itu, mengikuti kajian agama Islam juga dapat membuat seorang muslim menjalin silaturahmi dengan sesama hamba Allah Swt. Jadi, diri menjadi memiliki teman yang sama-sama berjuang memperoleh ketakwaan kepada Allah Swt.

4. Belajar Agama Bersama Guru

Cara keempat adalah belajar bersama guru, baik itu guru agama Islam, ustaz, maupun guru ngaji. Hal itu menjadi penting untuk mencegah kesesatan karena belajar agama sendirian.
Belajar agama sendirian rentan mengalami kesesatan sebab akal dan pikiran manusia yang tidak terarah. Jadi, seorang muslim perlu belajar bersama guru agama Islam agar mendapatkan penjelasan serta bimbingan yang baik saat belajar.
ADVERTISEMENT

5. Berdoa kepada Allah Swt.

Cara kelima adalah berdoa kepada Allah Swt. Allah Swt. adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Mengabulkan Doa sehingga penting bagi seorang hamba untuk senantiasa berdoa kepada-Nya.
Ketika ingin memiliki ketakwaan kepada Allah, manusia sebagai hamba dapat memanjatkan doa kepada-Nya. Tujuannya, agar Allah Swt. mempermudah jalan bagi manusia untuk memperoleh ketakwaan dalam nikmat iman Islam.
Jadi, jawaban dari bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. dalam Islam ada lima, yakni memperbaiki salat, mempelajari Alquran, mengikuti kajian, belajar bersama guru, dan berdoa. Hal terpenting adalah selalu mengingat Allah Swt. (AA)