5 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Konten dari Pengguna
18 Oktober 2021 9:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kualitas sumber daya manusia, sumber gambar: https://www.freepik.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kualitas sumber daya manusia, sumber gambar: https://www.freepik.com/
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Manajemen Sumber Daya Manusia oleh Z.M. Utama (2020), sumber daya manusia adalah aset berharga bagi perusahaan agar dapat menjalankan bisnis atau jasa dengan baik dan memuaskan. Agar kualitas sumber daya manusia dapat meningkat, seorang pemimpin dapat mengupayakan berbagai hal, seperti training, pendidikan, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia atau SDM

Perusahaan yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tentu memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis atau jasa ke arah yang lebih baik. Bisa dibilang, sumber daya manusia adalah faktor utama suksesnya sebuah perusahaan, sehingga perlu diprioritaskan kualitasnya.
1. Training atau pelatihan
Training atau pelatihan merupakan langkah yang umumnya ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan skill para karyawannya. Jika memiliki skill atau ketrampiilan yang mumpuni, maka setiap karyawan dapat memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan.
Bahkan, melalui training inilah perusahaan dapat menggali potensi para karyawannya. Setiap perusahaan dapat menerapkan training khusus, sehingga kemampuan para karyawannya dapat lebih dioptimalkan.
2. Pendidikan
Tidak jarang, sebuah perusahaan memberikan beasiswa kepada karyawannnya untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Alasannya yaitu agar pengetahuan dan kemampuannya bisa lebih terarah, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Pendidikan yang dimaksud di sini dapat berupa pendidikan formal maupun non formal. Setelah melewati proses pendidikan, umumnya karyawan akan tetap kembali ke perusahaan dan mengimplementasikan ilmunya untuk memajukan perusahaan.
3. Pembinaan
Ilustrasi kualitas sumber daya manusia, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Cara mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia yang berikutnya yaitu melalui pembinaan. Langkah yang dapat diterapkan yaitu dengan membina dan mengatur karyawan melalui program penilaian maupun perencanaan.
Pembinaan karyawan di perusahaan bertujuan untuk mensosialisasikan aturan dan sop perusahaan. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mengembangkan kemampuan karyawan.
4. Kesempatan
Tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengekspresikan ide atau gagasan ketika melakukan rapat terbuka. Dengan memberikan kesempatan kepada mereka, tentu perusahaan akan semakin tahu karyawan mana yang potensial dan aktif. Dengan memberikan kesempatan kepada karyawan, mereka dapat ikut berkontribusi dalam memajukan perusahaan.
ADVERTISEMENT
5. Penghargaan
Sudah selayaknya sebuah perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dan berjasa dalam memajukan perusahaan. Misalnya, ketika ada yang mencapai target penjualan tertentu, maka perusahaan dapat memberikan bonus insentif atau kenaikan jabatan.
Hal ini secara tidak langsung akan mengasah motivasi karyawan lain untuk berjuang lebih keras dalam mencapai target. Sehingga, omset perusahaan dapat lebih meningkat dan banyak pihak yang lebih sejahtera.
Cara meningkatkan sumber daya manusia atau SDM yang telah dijelaskan di atas perlu diterapkan jika suatu perusahaan ingin mengalami peningkatkan hasil yang memuaskan. Sebab, sumber daya manusia adalah unsur terpenting yang tidak dapat digantikan oleh mesin sekalipun.
(DLA)