Food & Travel
·
15 September 2021 15:20
·
waktu baca 2 menit

5 Contoh Seni Tari di Indonesia yang Mendunia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Contoh Seni Tari di Indonesia yang Mendunia (112938)
searchPerbesar
Ilustrasi contoh seni tari di Indonesia, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Menjadi warga negara Indonesia merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena negara ini memiliki keragaman suku dan budaya. Salah satu keragaman budayanya dapat diketahui dari seni tari yang begitu terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Para pegiat seni tari di Indonesia sangat patut diapresiasi karena mampu membawa harum nama bangsa.
ADVERTISEMENT

Contoh Seni Tari di Indonesia

Apa saja contoh seni tari di Indonesia yang mendunia? Simak penjelasannya di bawah ini:
1. Tari Jaipong (Jawa Barat)
Tari jaipong merupakan salah satu tari kebanggaan masyarakat di Jawa Barat. Tari Jaipong sering ditampilkan untuk mengisi acara-acara formal maupun informal. Tidak jarang, tari tradisional ini diadakan untuk mengisi acara penting dengan tamu dari negara lain.
Tari Jaipong adalah tarian yang diciptakan pertama kali oleh seorang seniman asal Bandung bernama Gugum Gumbira. Dulu, tarian ini disebut dengan Ketuk Tilu karena ketukan yang digunakan untuk mengiringi musik sangat ikonik. Namun, sekarang tari asal tanah Sunda ini lebih akrab disebut dengan Tari Jaipong.
2. Tari Kecak (Bali)
5 Contoh Seni Tari di Indonesia yang Mendunia (112939)
searchPerbesar
Ilustrasi contoh seni tari di Indonesia, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Tari Kecak merupakan salah satu contoh seni tari di Indonesia yang diciptakan di tahun 1930-an. Tarian ini berasal dari Bali dan dimainkan oleh laki-laki.
ADVERTISEMENT
Tari Kecak ditampilkan dengan cara duduk berbaris dan melingkar. Para penari mengikuti irama yang energik sambil mengangkat kedua lengan dan menyerukan kata 'cak' berulang kali.
3. Tari Topeng Betawi
Tarian tradisional ini bertumpu pada visualisasi gerak yang diciptakan oleh nenek moyang tanpa adanya konsep. Namun, ada efek budaya Sunda pada tarian ini yang yang tidak terlalu mendominasi.
Para penari mengenakan topeng yang sekilas mirip topeng banjet, Karawang Jawa Barat. Para penari Topeng Betawi memakai kostum Ondel-Ondel yang berupa boneka besar setinggi 2,5 meter.
Boneka ini terbuat dari anyaman bambu yang dikendalikan dari dalam. Bagian wajahnya berupa topeng dan rambutnya terbuat dari ijuk.
5. Tari Saman
Mengutip buku Mengenal Kesenian Nasional 11: Tari Sama (2020), Tari Saman merupakan tarian tradisional asal Gayo, Aceh Tenggara.
ADVERTISEMENT
Tarian ini memiliki gerakan yang cukup unik, sehingga menyedot banyak perhatian masyarakat, bahkan orang dari mancanegara. Lagu yang mengiringi Tari Saman adalah bahasa Arab dan bahasa Aceh.
Seni tari di Indonesia sangat beragam yang secara keseluruhan memiliki keunikanmasing-masing. Generasi di masa kini hendaknya dapat melestarikan tari tradisional agar tidak punah atau mungkin diklaim oleh bangsa lain.
(DLA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white