5 Jenis Media Pembelajaran Beserta Contohnya

Konten dari Pengguna
22 Juni 2021 17:07
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
unsplash.com - Contoh media pembelajaran yang efektif
zoom-in-whitePerbesar
unsplash.com - Contoh media pembelajaran yang efektif
ADVERTISEMENT
Media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, segala sesuatu yang bisa dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari buku Media Pembelajaran, Mustofa Abi Hamid, 2020, ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa kita temui. Media pembelajaran yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang proses belajar.
Fungsi media pembelajaran adalah untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Pada kenyataannya, media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Padahal ini tidak perlu terjadi jika setiap fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran.

Jenis Media Pembelajaran

1. Media Audio
Media audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran. Media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Contoh media seperti radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
2. Media Visual
Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Jenis media visual menampilan materinya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual.
Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua, yaitu:
· Media visual diam
Contohnya: foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain.
· Media visual gerak
Contohnya: gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan sebagainya.
3. Media Audio Visual
Media pembelajaran audio visual adalah media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Dari karakteristiknya, media audio visual dibedakan menjadi 2, yaitu:
ADVERTISEMENT
· Media audiovisual diam
Contohnya: TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara, buku bersuara.
· Media audio visual gerak
Contohnya: Film TV, TV, film bersuara, gambar bersuara, dan lain-lain.
4. Media Serbaneka
Media pembelajaran serbaneka merupakan sebuah media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran.
Contoh jenis media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat.
5. Gambar Fotografi
Gambar fotografi biasanya diperoleh dari beberapa sumber, misalnya dari surat kabar, lukisan, kartun, ilustrasi, foto. Semua media yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut dapat digunakan oleh guru atau fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan tertentu.
ADVERTISEMENT
Ada lima syarat gambar fotografi, antara lain:
· Gambar fotografi itu harus cukup memadai.
· Gambar-gambar harus memenuhi persyaratan artistik yang bermutu.
· Gambar fotografi untuk tujuan pengajaran harus cukup besar dan jelas.
· Validitas gambar, yaitu apakah gambar itu benar atau tidak.
· Memikat perhatian anak, ini cenderung kepada hal-hal yang diamatinya, misalnya, binatang, kereta api, kapal terbang dan sebagainya.
Demikian pengertian media pembelajaran secara singkat sekaligus beberapa jenis dan contohnya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. (DNR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·