Tekno & Sains
·
15 September 2021 16:27
·
waktu baca 2 menit

5 Kegiatan yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjamin Ketersediaan Air Tanah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Kegiatan yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjamin Ketersediaan Air Tanah (77650)
searchPerbesar
Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah. Sumber: pixabay.com
Air adalah sumber daya yang sangat penting seluruh makhluk hidup dan menjadi sumber kehidupan. Oleh karena itulah, kita sebagai makhluk hidup yang setiap harinya membutuhkan air perlu menjaga kebersihan dan ketersediaan air bersih demi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup. Lalu, apa saja kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah?
ADVERTISEMENT
Air tanah merupakan jenis air yang berada di dalam tanah dan berasal dari hujan yang kemudian masuk ke tanah melalui pori-pori tanah. Setelah itu, air akan disimpan dalam tanah hingga jumlahnya semakin banyak. Air tanah memang tidak bisa dilihat secara langsung. Jadi, untuk mengambil air tanah perlu menggali atau menimbanya.

5 Kegiatan yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjamin Ketersediaan Air Tanah

5 Kegiatan yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjamin Ketersediaan Air Tanah (77651)
searchPerbesar
Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah. Sumber: pixabay.com
Berikut adalah 5 kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah dikutip dari buku Seri Sains Air karya Sri Winarsih (2020).
1. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Kebersihan lingkungan menjadi hal mutlak yang wajib kita lakukan demi menjaga keberadaan air bersih supaya tidak tercemar oleh limbah dan kotoran. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.
ADVERTISEMENT
2. Menghemat Penggunaan Air
Penggunaan air yang berlebihan dan tidak bertanggung jawab tentu dapat menimbulkan bencana kekeringan. Jadi, kita harus bijak dalam menggunakan air.
3. Membuang Sampah pada Tempatnya
Keberadaan sampah di saluran air tentu dapat menyebabkan pencemaran dan bencana banjir. Agar hal tersebut tidak terjadi, kita perlu membuang sampah pada tempatnya agar saluran air tidak tercemar.
4. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia yang Berbahaya
Bahan kimia berbahaya juga dapat membuat air menjadi tercemar. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai mengurangi penggunaan bahan kimia yang berbahaya dan menggantinya dengan bahan alami yang lebih aman.
5. Mencegah Penebangan Pohon Secara Liar
Penebangan pohon-pohon yang dilakukan secara liar tentu akan berpengaruh terhadap ketersediaan air tanah. Akar pohon berfungsi sebagai tempat menyimpan air yang dapat mencegah terjadinya kekurangan air saat musim kemarau panjang.
ADVERTISEMENT
(Anne)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white