Food & Travel
·
14 September 2021 8:06
·
waktu baca 3 menit

5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74414)
searchPerbesar
Keragaman Rumah Adat di Indonesia, Foto: Pixabay
Keragaman rumah adat di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Setiap suku dari Sabang sampai Merauke memiliki arsitektur rumah adat dengan keunikan masing-masing.
ADVERTISEMENT

5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya

Dikutip dari buku Mengenal Seni & Budaya 34 Provinsi di Indonesia, R. Rizky & T.Wibisono, (2015:43), inilah 5 rumah adat di Indonesia yang sangat unik dan mungkin belum kamu ketahui:
  • Rumah Krong Bade
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74415)
searchPerbesar
Rumah Krong Bade, Foto: Kemdikbud
Sering disebut sebagai rumoh aceh, rumah adat Aceh ini mempunyai tangga depan rumah dengan jumlah ganjil sebagai jalan masuk ke rumah. Rumah adat ini mengaplikasikan bangunan menjulur dari timur ke barat dan mengambil garis imajiner ke arah Ka'bah.
Model rumah panggung ini ditinggikan sekitar 2,5-3 meter. Bagian atap rumahnya dilapisi material daun rumbia. Dindingnya terbuat dari kayu dan dihiasi lukisan, kemudian lantainya terbuat dari enau atau bambu. Uniknya, pintu rumah dibuat lebih pendek, yakni 1,2-1,5 meter agar orang yang memasukinya bisa memberikan salam hormat kepada pemilik rumah tanpa mengenal kasta sosial.
ADVERTISEMENT
  • Rumah Rakit
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74416)
searchPerbesar
Rumah Rakit, Foto: Kemdikbud
Sesuai namanya, rumah adat Bangka Belitung ini berbentuk seperti rakit dan dibangun di atas sungai. Karena itu, rumah adat ini juga populer di Palembang. Rumah ini dibangun di atas sungai sebagai sumber mata pencaharian masyarakat.
Pembangunannya menggunakan material berupa bambu jenis mayan yang bisa mengambang di air. Atapnya dibangun dengan menggunakan kulit yang dianyam. Rotan juga digunakan sebagai pengikat antar bambu dan bagian atas rumah rakit.
  • Rumah Lamin
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74417)
searchPerbesar
Rumah Lamin, Foto: Kemdikbud
Rumah adat suku Dayak Timur yang menetap di Kalimantan Timur ini memiliki corak ornamen di setiap sisinya. Rumah adat terbesar di Indonesia ini memiliki panjang 300 meter, lebar 15 meter, dan tinggi sekitar 3 meter, sehina bisa dihuni oleh 12-30 kepala keluarga.
ADVERTISEMENT
Ada 2 jenis tiang di rumah ini yaitu: tiang penopang lantai dan penyangga atap. Halaman depan rumah dilengkapi patung totem yang diyakini suku Dayak sebagai Dewa. Warna Cat yang dipilih pun memiliki arti tersendiri. Warna merah melambangkan keberanian, wa kuning melambangkan kewibawaan, warna biru melambangkan kesetiaan, dan warna putih melambangkan kebersihan jiwa.
  • Rumah Mbaru Niang
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74418)
searchPerbesar
Rumah Mbaru Niang, Foto: indonesia.go.id
Rumah adat ini hanya dapat ditemukan di Desa Wae Rebo yang terletak di pegunungan dari Pulau Flores, NTT. Mbaru Niang juga memperoleh penghargaan tertinggi dengan kategori warisan budaya dari UNESCO Asia Pasifik pada tahun 2012.
Bentuknya mengerucut dengan tinggi 15 meter dan terdiri dari 5 lantai. Lantai dasar (1) merupakan tempat tinggal dan berkumpul, lantai 2 digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang, dan lantai 3 merupakan tempat menyimpan benih-benih pangan seperti padi dan jagung. Kemudian lantai 4 digunakan untuk menyimpan stok pangan untuk berjaga-jaga apabila terjadi kekeringan dan lantai 5 alias yang paling atas digunakan untuk mempersembahkan sesaji kepada para leluhur.
ADVERTISEMENT
  • Rumah Sasak
5 Keragaman Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya (74419)
searchPerbesar
Rumah Sasak, Foto: p3tb.pu.go.id
Rumah adat asal Lombok, NTB memiliki bentuk dan material yang sangat unik. Dindingnya terbuat dari anyaman dan atap rumahnya terbuat dari akar alang-alang atau jerami. Lantainya terbuat dari campuran batu bata, getah pohon, dan abu jerami.
Dari 5 keragaman rumah adat di Indonesia di atas, manakah yang sudah pernah kamu kunjungi?(BRP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white