Food & Travel
·
14 September 2021 16:04
·
waktu baca 2 menit

5 Keunikan Rumah Adat Baileo dari Provinsi Maluku

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Keunikan Rumah Adat Baileo dari Provinsi Maluku (146502)
searchPerbesar
Keunikan rumah adat Baileo. Sumber: commons.wikimedia.org
Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya tiap daerah yang beragam. Salah satunya adalah rumah tradisional tiap suku di Indonesia yang berbeda-beda. Rumah adat Baileo merupakan salah satu rumah tradisional milik Suku Huaulu yang berasal dari Provinsi Maluku. Ada banyak sekali keunikan rumah adat Baileo yang perlu Anda ketahui.
ADVERTISEMENT

5 Keunikan Rumah Adat Baileo dari Provinsi Maluku

5 Keunikan Rumah Adat Baileo dari Provinsi Maluku (146503)
searchPerbesar
Keunikan rumah adat Baileo. Sumber: commons.wikimedia.org
Berikut ini adalah 5 keunikan rumah adat Baileo dari Provinsi Maluku yang dikutip dari buku Rumah Adat Nusantara karya Intania Poerwaningtias dan NIndya K. Suwarto (2017).
1. Digunakan sebagai Balai
Rumah adat Baileo berfungsi sebagai balai yang digunakan untuk tempat pertemuan masyarakat guna melakukan musyawarah atau kepentingan lainnya, seperti upacara, pertemuan adat, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, biasanya bangunan ini juga menjadi tempat untuk menyimpan benda bersejarah dan benda keramat.
2. Berukuran Besar
Ukuran rumah adat Baileo ini sangatlah besar dan tidak seperti rumah ada di daerah lain pada umumnya. Hal ini selaras dengan fungsinya yang memang dibuat untuk menampung banyak orang.
ADVERTISEMENT
3. Berbentuk Seperti Panggung
Keunikan lain yang dimiliki rumah adat ini adalah struktur bangunannya yang berbentuk seperti panggung. Adapun tinggi rumah ini bisa mencapai dua meter. Tujuan dari adanya panggung ini adalah agar roh para leluhur mempunyai derajat yang lebih tinggi dibanding masyarakat di sana.
4. Setiap Ornamen Memiliki Nilai Filosofis Tinggi
Rumah yang berasal dari Provinsi Maluku ini memang memiliki ornamen dengan filosofi yang sarat akan makna. Salah satunya adalah adanya dua buntut ayam yang ditempatkan saling berhadapan dan diapit oleh dua buntut anjing di bagian kanan dan kirinya. Ornamen ini melambangkan kemakmuran dan kedamaian.
5. Dilengkapi dengan 9 Tiang Penyangga
Rumah adat Baileo ini dilengkapi dengan 9 tiang tangga yang mempunyai arti dan filosofinya masing-masing. 5 tiang yang berada di sebelah kanan artinya adalah perkumpulan antara desa atau siwak lima. Sedangkan 4 tiang sisanya berada di sisi lain.
ADVERTISEMENT
(Anne)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white