Tekno & Sains
·
13 Juli 2021 9:47
·
waktu baca 3 menit

5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373121)
searchPerbesar
Makhluk Mitologi Populer, Foto: Pixabay
Makhluk mitologi populer sering dijadikan sebagai bahan cerita di berbagai film atau serial yang mengangkat tema supernatural. Hal itu karena mitos tentang mereka sering kali lebih menarik daripada hantu biasa.
ADVERTISEMENT

5 Makhluk Mitologi Populer dalam Film

Inilah 5 makhluk mitolog populer yang sering muncul di film dan serial:
1. Vampir
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373122)
searchPerbesar
Vampir, Foto: Pixabay
Siapa, sih, yang tidak tahu vampir? Menjelang Halloween dan libur panjang, makhluk mitologi paling populer ini selalu setia menghiasi layar lebar dan hampir setiap layar kaca.
Penggambarannya pun sangat beragam. Di dalam film Hotel Transylvania, vampir digambarkan sebagai makhluk nokturnal yang akan segera meleleh ketika terkena cahaya matahari. Namun, di dalam film Twilight, tubuh vampir hanya akan mengeluarkan cahaya berkilau ketika terkena cahaya matahari.
Dilansir dari buku Makhluk MITOLOGI Sedunia, Zamidra, (2012:70), vampir adalah makhluk mitologi populer yang hidup abadi dengan mengisap darah dari makhluk hidup lainnya.
Kepercayaan terhadap vampir sudah mendarah daging selama berabad-abad. Kebudayaan Mesopotamia, Yahudi, Yunani kuno, dan Romawi kuno sudah mengenal setan atau roh yang mirip dengan vampir modern sejak lama. Namun, vampir yang dikenal sekarang berasal dari Eropa Tenggara pada abad ke-18.
ADVERTISEMENT
Di dalam sebagian besar cerita rakyat, vampir digambarkan sebagai mayat hidup, korban bunuh diri, atau penyihir. Vampir juga dapat diciptakan melalui gigitan vampir lain. Legenda ini pun meluas dan di beberapa daerah bahkan menyebabkan histeria massal, hingga ada banyak orang yang dituduh sebagai vampir.
2. Werewolf
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373123)
searchPerbesar
Werewolf, Foto: Pixabay
Werewolf adalah seorang manusia yang mampu berubah wujud menjadi setengah serigala. Makhluk mitologi populer ini dapat berubah atas keinginan sendiri dan karena dorongan dari bulan purnama atau kemarahan.
Konon seseorang bisa menjadi werewolf akibat gigitan dari werewolf lainnya atau keturunan dari lahir. Meskipun memiliki regenerasi yang amat hebat, sehingga tidak menjadi tua, tetapi mereka tidak abadi. Mereka bisa dibunuh dengan tusukan tepat di jantung atau otak dengan perak.
ADVERTISEMENT
Makhluk ini telah sering muncul di berbagai film dengan penggambaran yang berbeda-beda. Di dalam film Harry Potter, werewolf digambarkan sebagai manusia setengah serigala yang bisa berubah hanya pada bulan purnama dan tidak bisa menggunakan akal manusia ketika berubah.
Sedangkan werewolf di film Twilight digambarkan bisa berubah sesuai keinginan sendiri dan menjadi serigala seutuhnya dan tetap menggunakan akal manusia.
Sementara itu, di dalam serial Teen Wolf, werewolf yang bisa berubah menjadi serigala seutuhnya hanyalah werewolf yang memang terlahir menjadi werewolf (bukan dari gigitan). Sedangkan manusia yang menjadi werewolf akibat gigitan hanya bisa berubah menjadi setengah serigala. Kedua jenis werewolf itu tetap bisa menggunakan akal manusia.
3. Elf
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373124)
searchPerbesar
Elf, Foto: Pixabay
Sering dianggap sebagai peri, makhluk kerdil yang berasal dari legenda kuno Jerman ini ternyata merupakan Dewa Kesuburan, lho.
ADVERTISEMENT
Makhluk mitologi populer yang identik dengan kuping panjang dan kekuatan sihir ini tinggal di dalam hutan. Layaknya manusia, makhluk ini terdiri dari pria dan wanita yang rupawan.
Elf konon juga memiliki kekuatan untuk mendeteksi bencana alam yang akan segera terjadi. Mitologi elf pernah menghiasi berbagai film terkenal, seperti Harry Potter dan The Lord of the Rings.
Popularitas Elf ini membuat seorang pria asal Argentina yang bernama Luis Pardon menghabiskan ratusan juta Rupiah hanya demi berpenampilan mirip makhluk mitologi yang satu ini.
4. Banshee
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373125)
searchPerbesar
Banshee, Foto: Freepik
Menurut ajaran penyembahan berhala Celtic kuno, mkhluk mitologi yang berasal dari Irlandia ini dianggap sebagai malaikat pencabut nyawa.
Menurut legenda, makhluk ini akan menghampiri bagian depan dari rumah seseorang yang sebentar lagi akan meninggal. Sampai detik ini, masyarakat Irlandia masih memercayai hal ini. Banshee bahkan masih menjadi misteri yang sangat ampuh untuk menakuti anak-anak, sehingga mau menuruti perintah orang tuanya.
ADVERTISEMENT
Serial Banshee sendiri pernah ditayangkan sejak tahun 2013 sampai tahun 2016. Selain itu, mitologi Banshee juga pernah digunakan di dalam serial Teen Wolf yang tayang sejak tahun 2011 sampai tahun 2017.
5. Naga atau Nagini
5 Makhluk Mitologi Populer yang Sering Muncul di Film (373126)
searchPerbesar
Nagini, Foto: Wizarding World
Kamu pasti tahu makhluk setengah ular, setengah singa yang bernama Naga alias Dragon, kan? Namun, Naga sendiri sebenarnya merupakan makhluk mitologi yang berbeda dengan Dragon.
Naga berasal dari kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan dari daerah India dan sekitarnya. Naga ternyata merupakan makhluk setengah ular, setengah manusia, yang terkadang digambarkan sebagai ular raksasa, yang laki-laki disebut Naga, sedangkan yang perempuan disebut Nagini.
Meskipun sering dianggap jahat, tetapi Naga atau Nagini juga sering dianggap sebagai penjaga sungai atau danau, lho.
ADVERTISEMENT
Nagini sendiri menghiasi film Harry Potter sebagai ular sekaligus horcrux Voldemort dan film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald sebagai sosok setengah ular, setengah manusia.
Nah, dari kelima makhluk mitologi populer di atas, nomor berapa yang paling kamu suka?(BRP)