6 Rukun Iman yang Harus Diamalkan Umat Muslim

Konten dari Pengguna
25 Februari 2021 19:15
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Rukun Iman yang Harus Diamalkan Umat Muslim (61894)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengimani rukun iman. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT, kita diwajibkan untuk selalu meyakini 6 hal dalam rukun iman. Diantaranya ialah iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada para rasul, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada dan qadar yang ditetapkan oleh Allah yang maha berkehendak.
ADVERTISEMENT
Secara bahasa, iman dapat diartikan sebagai rasa percaya atau rasa yakin. Sedangkan secara istilah, iman dapat didefinisikan sebagai rasa percaya sepenuh hati akan sesuatu. Menurut kutipan buku Pintar Agama Islam (2013) yang ditulis oleh Suprihadi, pengertian iman sendiri ialah mempercayai sesuatu dengan sepenuh hati, kemudian mengucapkannya secara lisan hingga mengaplikasikannya dalam bentuk perbuatan yang nyata.

Penjelasan 6 Rukun Iman yang Perlu Diamalkan Umat Muslim

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang muslim diharuskan untuk meyakini 6 hal dalam rukun iman. Adapun penjelasan singkatnya ialah sebagai berikut:
Iman Kepada Allah SWT
Meyakini atau beriman kepada Allah SWT adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Adapun hal-hal yang perlu diyakini dalam hal ini ialah sifat-sifat wajib yang dimiliki oleh Allah atau mengimani sifat kesempurnaan Allah sebagai satu-satunya tuhan yang berhak disembah. Fungsi iman kepada Allah sendiri juga sangat penting bagi umat muslim. Salah satunya ialah dapat membuat kita semakin sadar bahwa Allah adalah satu-satunya tuhan tempat kita bergantung, dimana Ia adalah yang maha menciptakan dan maha berkuasa atas setiap makhluk.
ADVERTISEMENT
Iman Kepada Para Malaikat
Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan Allah dari nur atau cahaya. Dalam ajaran agama islam sendiri, terdapat 10 nama malaikat yang perlu kita ketahui beserta dengan tugas-tugasnya. Selama menjalani tugas tersebut, sifat malaikat sendiri sangatlah taat kepada perintah Allah dan tidak pernah menentangNya sekalipun. Sifat taat dari malaikat inilah yang juga perlu diyakini oleh setiap muslim. Salah satu fungsi beriman kepada para malaikat ini sendiri ialah dapat menjadikan kita agar selalu berbuat baik karena akan ada malaikat yang juga bertugas untuk mencatat amalan baik ataupun amalan buruk kita (Rakib dan Atid).
Iman Kepada Kitab Allah
Iman kepada kitab Alla tidak hanya mewajibkan kita untuk beriman kepada Alquran yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW saja lho! Pasalnya terdapat 3 kitab lainnya yang perlu kita imani, yakni kitab Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa, kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud, dan juga kitab Injil yang diturunkan kepada nabi Isa. Kitab-kitab Allah sendiri berisikan wahyu dan firman Allah yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup manusia. Oleh sebab itu kita perlu untuk meyakininya. Sedangkan kita sebagai umat nabi Muhammad, maka kita sangatlah diwajibkan untuk mengimani isi alquran. Pasalnya alquran sendiri merupakan kitab Allah yang sifatnya menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya sebagai sumber ilmu dan pedoman kehidupan.
ADVERTISEMENT
Iman Kepada Para Rasul
Selama ini kita tentu diajarkan ataupun diperkenalkan kepada 25 nama nabi dan rasul yang wajib diketahui, hal ini sendiri disebabkan karena umat muslim diwajibkan meyakini keberadaan rasul sebagai pemberi wahyu (syariat agama islam) kepada dirinya dan umat-umatnya. Disamping itu, kita juga harus meyakini bahwasanya nabi dan rasul adalah laki-laki pilihan Allah yang memilliki sifat yang shiddiq (benar/jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan wahyu dari Allah) dan fathanah (cerdas/pandai/bijaksana).
Iman Kepada Hari Kiamat
Hari kiamat atau hari berakhirnya setiap kehidupan di alam semesta merupakan hal yang wajib diyakini oleh umat muslim. Hal ini sendiri dapat menjadikan kita senantiasa sadar bahwasanya kehidupan di dunia hanyalah sementara dan tidak kekal. Oleh karena itu, kita diharuskan untuk senantiasa beramal baik selama di dunia agar dapat dirahmati oleh Allah dalam kehidupan yang kekal di akhirat kelak. Selain meyakini adanya hari kiamat, kita juga diwajibkan untuk meyakini adanya surga dan neraka dalam kehidupan akhirat setelah kiamat.
ADVERTISEMENT
Iman Kepada Qada dan Qadar
Qada dan qadar Allah dapat juga diartikan sebagai bentuk kehendak yang telah ditetapkan oleh Allah kepada makhluk ciptaannya. Sederhananya, qada dan qadar dapat disebut juga sebagai ketentuan takdir, baik yang dapat diubah/dapat disesuaikan ataupun yang tidak dapat diubah seperti datangnya kelahiran atau kematiaan makhluk.
Setelah membaca ulasan singkat tentang 6 rukun iman tadi, semoga keimanan kita terhadap rukun tersebut semakin meningkat ya! Tidak hanya mengetahuinya, semoga kita juga dapat menerapkan keimanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan tadi bermanfaat! (HAI)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020