7 Contoh Bahan Alam untuk Kerajinan dan Kesenian

Konten dari Pengguna
24 Agustus 2021 15:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Bahan Alam. (Foto: https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Bahan Alam. (Foto: https://pixabay.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di sekitar kita, ada banyak contoh bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat karya kesenian atau kerajinan. Misalnya, di halaman rumah ada banyak batu, di kebun dan sawah banyak tanah liat, di hutan dapat kita temukan tali rotan atau serabut pohon aren, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Semua bahan alam tersebut dapat kita kreasikan menjadi karya seni yang bernilai. Bahan tersebut digunakan untuk mengungkapkan gagasan imajinatif yang ada dipikiran kita. Hanya dengan menggunakan alat dan teknik tertentu, kita dapat mengubah bahan alam menjadi suatu karya yang bernilai.
Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut 7 contoh bahan alam untuk kerajinan dan kesenian.

Contoh Bahan Alam untuk Kerajinan dan Kesenian

Ilustrasi Contoh Bahan Alam. (Foto: https://pixabay.com)
Kamu dapat membuat kerajinan dan karya seni menjadi benda pakai, yaitu benda yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Berikut 7 contoh bahan alam untuk kerajinan dan kesenian:
Dikutip dari buku Kerajinan Tangan dan Kesenian untuk Sekolah Dasar Kelas 5 yang ditulis oleh Dedi Nurhadiat & Untung Prayitno (2005: 117), kamu dapat membuat kerajinan makrame dengan menggunakan bahan tali dari rotan, serabut pohon aren, tali dari bambu, kulit kayu, atau tali dari pintalan kapas. Makrame adalah kerajinan tangan teknik simpul-menyimpul dari bahan tali-temali. Contoh benda pakai hasil makrame adalah tas, ayunan, gantungan kunci, dan sabuk.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Buku Saku Prakarya (Kerajinan) untuk SMA Kelas X yang ditulis oleh Retno Murti (2019: 97), tanah liat juga dapat digunakan sebagai bahan baku kesenian, seperti pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya dengan dibakar pada suhu di atas 1.000 ­ºC. Selain tembikar dan kerajinan tangan, tanah liat juga berperan dalam pembuatan batu bata dan bahan pembangunan.
Contoh bahan alam di atas dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Itulah 7 contoh bahan alam untuk kerajinan dan kesenian. Apakah kamu tertarik untuk memanfaatkannya? Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)