News
·
1 Desember 2020 17:50

AFTA, Apa Tujuannya Didirikan?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
AFTA, Apa Tujuannya Didirikan? (96364)
searchPerbesar
Logo AFTA, Foto: phansin
AFTA atau ASEAN Free Trade Area, merupakan organisasi yang didirikan pada tahun 1992 di Singapura saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-IV. AFTA menjadi organisasi yang dibuat negara-negara ASEAN untuk menciptakan zona perdagangan bebas.
ADVERTISEMENT
AFTA diperlukan untuk meningkatkan daya saing ekonomi di Kawasan regional ASEAN yang direncanakan dapat dicapai pada kurun waktu 1993-2002 atau selama 9 tahun.
Rencana yang dijalankan salah satunya dengan penghapusan biaya tarif bea masuk sebesar 0,5%. Maka, diharapkan dengan adanya AFTA, ASEAN bisa menjadi basis produksi dunia yang menciptakan regional bagi 500 juta lebih penduduknya.
Negara-negara yang menjadi anggota AFTA awalnya hanya berjumlah enam negara meliputi Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina.
Namun akhirnya bertambah dengan bergabungnya negara lain seperti Vietnam (1995), Laos (1997), Kamboja (1999). Hal ini membuat anggota AFTA berjumlah sepuluh negara.
AFTA, Apa Tujuannya Didirikan? (96365)
searchPerbesar
Foto: rencanamu.id

Tujuan Didirikannya AFTA

AFTA didirikan bukan tanpa sebab, ada beberapa tujuan dibentuknya organisasi tersebut, yaitu:
ADVERTISEMENT
  1. Meningkatkan daya saing ekonomi yang berada di negara ASEAN dengan cara menjadikan Kawasan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia.
  2. Menarik para investor asing dan meningkatkan perdagangan di antara negara-negara ASEAN.
  3. Menghapuskan segala biaya masuk atau impor barang untuk negara Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Philipina di tahun 2010. Sedangkan negara Laos, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam untuk pembebasan biaya impor yang diberlakukan sejak 2015 lalu.
Umumnya AFTA dibuat untuk memberikan keuntungan bagi negara dan rakyatnya. Demikianlah uraian mengenai tujuan didirikannya AFTA bagi negara ASEAN. Semoga bermanfaat!
(RDY)