News
·
8 Desember 2020 10:06

AFTA dan Manfaatnya Bagi Perekonomian Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
AFTA dan Manfaatnya Bagi Perekonomian Indonesia (102181)
searchPerbesar
Afta sumber foto: Freepik
AFTA atau ASEAN Free Trade Area merupakan kesepakatan perdagangan bebas yang dihasilkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-4 di Singapura pada 18 Januari 1992. Indonesia bersama 5 negara anggota ASEAN lainnya yakni Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina dan Singapura.
ADVERTISEMENT
Bertujuan untuk meningkatkan volume perdagangan di antara negara anggota melalui penurunan tarif beberapa komoditas tertentu, termasuk di dalamnya beberapa komoditas pertanian, dengan tarif mendekati 0-5 persen.

Lalu, Apa Manfaat AFTA untuk Perekonomian Indonesia?

Peran regional ASEAN dalam pembentukan kebijakan ekonomi global semakin diakui dengan terbukanya akses dan peluang kerjasama dengan 20 negara ekonomi terbesar di dunia. Indonesia berperan penting dalam proses ini karena merupakan satu-satunya negara ASEAN di G-20 dan memiliki posisi strategis sebagai “penyambung” kepentingan ASEAN dan G-20. Tentu ada manfaat perekonomian yang akan diterima oleh Indonesia seperti:
  • Bagi Indonesia, kerjasama ini merupakan peluang yang cukup terbuka bagi kegiatan ekspor komoditas pertanian yang selama ini dihasilkan dan sekaligus menjadi tantangan untuk menghasilkan komoditas yang kompetitif di pasar regional.
ADVERTISEMENT
  • Indonesia memiliki potensi pariwisata yang dapat mendatangkan devisa yang besar bagi negara. Kesepakatan ini dapat mendorong Indonesia untuk melakukan pengelolaan tempat wisata yang terorganisir dengan baik. Hal ini dapat menarik banyak turis asing untuk datang ke Indonesia.
  • Berbagai macam kemudahan yang didapatkan dalam kerja sama ini dapat mempermudah masuknya produk asli Indonesia ke negara ASEAN. Produk Indonesia dapat masuk ke negara ASEAN tanpa syarat yang menyulitkan berdasarkan perumusan untuk meniadakan kebijakan non tarif.
  • Barang-barang dari negara-negara ASEAN akan masuk ke pasar domestik Indonesia. Konsumen akan memiliki pilihan produk, harga, dan mutu yang berkualitas. Hal ini di satu sisi dapat memacu para pelaku bisnis di Indonesia untuk bersaing secara sehat.
ADVERTISEMENT
  • Produk yang tersedia dipasar domestik Indonesia lebih bervariasi, dikarenakan barang-barang dari negara-negara ASEAN ikut meramaikan pasar domestik Indonesia, maka konsumen akan dimanjakan dengan berbagai variasi harga dan mutu. Dengan kerja keras yang sungguh-sungguh, produk Indonesia akan tetap menjadi primadona di negaranya sendiri.
Itulah pembahasan singkat mengenai peran dan manfaat perekonomian Indonesia dalam AFTA yang menjadi bagian dari perdagangan global. Oleh sebab itu, Indonesia sudah selayaknya memanfaatkan kawasan perdagang bebas ini sebaik mungkin.
(RN)