News
·
26 November 2020 11:05

AFTA: Mengenal Latar Belakang Terbentuknya Kawasan Perdagangan Bebas

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
AFTA: Mengenal Latar Belakang Terbentuknya Kawasan Perdagangan Bebas (553570)
AFTA, Foto: Dok. cekindo.com
AFTA adalah singkatan dari ASEAN Free Trade Area, sebuah wujud kesepakatan dari negara-negara ASEAN mengenai sektor produksi lokal di seluruh negara ASEAN. Seluruh negara yang termasuk dalam anggota AFTA sepakat untuk membentuk suatu kawasan yang bebas perdagangan.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, hanya enam negara yang secara resmi menjadi anggota AFTA, yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. Namun, seiring bertambahnya negara yang bergabung kedalam ASEAN membuat AFTA juga memiliki beberapa anggota baru. Negara yang baru bergabung setelah AFTA resmi dibentuk adalah Vietnam pada tahun 1995, Myanmar dan Laos pada tahun 1997, dan Kamboja pada tahun 1999.
Sudah tahu sekilas tentang AFTA, lalu apa saja hal-hal yang melatarbelakangi terbentuknya AFTA?

Latar Belakang Terbentuknya AFTA

Sejarah terbentuknya AFTA terjadi pada tahun 1992. Saat itu, ASEAN sedang menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-4 di Singapura. Dari keenam negara ASEAN yang menjadi anggota peserta KTT, terciptalah suatu kesepakatan untuk membuat zona perdagangan bebas.
ADVERTISEMENT
Terbentuknya AFTA bukan semata-mata tanpa alasan. Terdapat sejumlah faktor yang melatarbelakangi didirikannya organisasi yang dinaungi oleh ASEAN ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru,
  • Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN,
  • Keinginan untuk meningkatkan investasi asing langsung ke ASEAN,
  • Keinginan untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika.
Sebagai tindak lanjut dari terbentuknya AFTA, salah satu kebijakan yang dijalankan adalah dengan menghapuskan biaya tarif (bea masuk) bagi negara-negara anggota ASEAN. Dengan cara ini, diharapkan ASEAN akan menciptakan suatu basis produksi dalam pasar dunia serta menciptakan pasar regional bagi lebih dari 500 juta penduduknya.
ADVERTISEMENT
Terdapat sejumlah tujuan dari didirikannya AFTA. Diantaranya dapat terjadi peningkatan ekspor antar sesama anggota dan diluar anggota ASEAN serta meningkatkan perdagangan dan kerja sama ekonomi di kawasan ASEAN. Tak hanya itu, AFTA juga bertujuan untuk meningkatkan investasi di semua sektor ekonomi.
Itulah penjelasan mengenai latar belakang terbentuknya AFTA, beserta anggota negara dan tujuan didirikannya AFTA. Semoga bermanfaat!
(RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white