News
·
7 Desember 2020 11:36

AFTA Perjanjian Perdangangan Bebas Negara ASEAN

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
AFTA Perjanjian Perdangangan Bebas Negara ASEAN (106065)
searchPerbesar
Afta. Sumber: Dosenpendidikan.id
AFTA adalah singkatan dari ASEAN Free Trade Area yang dalam Bahasa Indonesia berarti Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN. Ditandatanganinya AFTA pada tanggal 28 Januari 1992 bertujuan untuk menjadikan Kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif. Maka dengan demikian produk-produk dari negara ASEAN memiliki daya saing yang kuat di pasar global. Dilansir dari beberapa sumber berikut adalah tujuan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN.
ADVERTISEMENT
• Menjadikan ASEAN pusat produksi dunia.
• Menarik investasi asing.
• Menciptakan pasar regional bagi masyarakat di Asia Tenggara.
Guna memahami perjanjian ini lebih lanjut, kamu perlu memahami makna dari ASEAN itu sendiri. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di Kawasan Asia tenggara.
Adapun tujuan utama dari organisasi ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. Oleh karena itu, keberadaan perjanjian perdangangan bebas dapat dikatakan salah satu implementasi tujuan dari ASEAN.

Dampak Adanya AFTA

Setelah memahami mengenai organisasi ASEAN, kini saatnya kita mengetahui dampak keberadaan AFTA bagi negara Indonesia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara.
AFTA Perjanjian Perdangangan Bebas Negara ASEAN (106066)
searchPerbesar
Ilustrasi Perdagangan Global. Sumber: Studioliterasi.com
  1. Memudahkan Indonesia mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi oleh dalam negeri (mempermudah impor).
  2. Membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.
  3. Membuka peluang pasar internasional untuk memperluas industri di Indonesia.
  4. Meningkatkan produksi global.
ADVERTISEMENT
Bagaimana informasi tentang AFTA kali ini, menarik bukan? Tuliskan informasi tentang dunia yang ingin kamu ketahui di kolom komentar, ya! Selamat Hari Senin dan terus update bersama Kumparan, ya! (RYFA)