Al Alim Artinya Maha Mengetahui, Berikut Dalil dan Penjelasan Lengkapnya!

Konten dari Pengguna
25 Desember 2020 14:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Al Alim Artinya, Foto: Dok. freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Al Alim Artinya, Foto: Dok. freepik.com
ADVERTISEMENT
Merupakan salah satu dari 99 asmaul husna, Al Alim artinya adalah Maha Mengetahui. Arti Al Alim ini memiliki makna bahwa Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di seluruh semesta ini, baik sebelum dan sesudah sesuatu itu ada. Allah mengetahui segala sesuatu, mulai dari hal terkecil hingga hal-hal besar.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, makna Al Alim masih berkaitan dengan asmaul husna lainnya, yaitu Al Bashir dan As Sami. Al Bashir memiliki arti Allah Yang Maha Melihat, sedangkan As Sami artinya Allah Yang Maha Mendengar.
Oleh karena itu, sebagai umat muslim sudah sepantasnya untuk mengimani Allah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Dengan meyakini Allah Yang Maha Mengetahui, kita jadi lebih berhati-hati dalam bertindak dan hanya melakukan perbuatan sesuai yang diperbolehkan agama. Hal ini karena kita sudah yakin bahwa Allah selalu mengetahui apa yang diperbuat oleh umatnya.

Dalil Al Alim Dalam Alquran

Terdapat sejumlah ayat di dalam Alquran yang membahas mengenai Al Alim dan kaitannya dengan makna Allah Yang Maha Mengetahui. Salah satunya terdapat di dalam surat Al Hijr sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ ٱلْخَلَّٰقُ ٱلْعَلِيمُ
Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Hijr:86)
Selain itu ayat Alquran yang membahas tentang makna Al Alim juga terdapat dalam surat Saba berikut ini:
قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِٱلْحَقِّ وَهُوَ ٱلْفَتَّاحُ ٱلْعَلِيمُ
Artinya: Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui.” (QS Saba:26)
Penjelasan bahwa Allah Maha Mengetahui segala isi hati hamba-Nya juga disebutkan di dalam surat Al Hadid. Berikut ayat beserta artinya:
يُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَيُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ ۚ وَهُوَ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ
Artinya: “Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Al Hadid:6)
ADVERTISEMENT
Itu dia penjelasan mengenai asmaul husna Al Alim beserta dalil yang terkandung di dalam Alquran. Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya untuk mengimani Al Alim ke dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat!
(RYFA)