News
·
29 Desember 2020 15:55

Al Alim Artinya Yang Maha Mengetahui, Inilah Makna dari Alquran dan Hadist

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Al Alim Artinya Yang Maha Mengetahui, Inilah Makna dari Alquran dan Hadist (6150)
searchPerbesar
Al Alim Artinya Yang Maha Mengetahui, Foto: Dok. Muslimpro
Al Alim dalam Asmaul Husna memiliki arti Yang Maha Mengetahui. Maksudnya adalah, Allah memiliki pengetahuan yang luas dan menyeluruh terhadap apa yang terlihat dan tidak terlihat, jelas dan tersembunyi, saat ini dan masa depan, jauh dan dekat.
ADVERTISEMENT
Pengetahuan-Nya melampaui dan sadar akan segala hal, bahkan sebelum seluruh makhluk di dunia ada. Mulai dari detail dan tidak ada yang luput seorangpun dari pengawasan dan catatan-Nya. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui.
Berdasarkan Bahasa Arab Klasik, akar kata dari ‘a-m-m mengandung arti sebagai berpengatuhan, sadar, terjaga, teliti, mencari informasi, mengumpulkan informasi demi pengetahuan intuitif, memiliki pengetahuan dasar terhadap segala hal.

Al Alim dalam Alquran

Dilansir dari Rumaysho, ada sebanyak 175 tempat penyebutan nama Allah Al Alim (Yang Maha Mengetahui) dalam Alquran, seperti pada firman Allah:
قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖإِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ
“Mereka menjawab: ‘Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana’.” (QS. Al-Baqarah: 32)
ADVERTISEMENT
Makna Al Alim pun terkandung dalam Alquran yang berada di berbagai surah lainnya, yaitu:
Surah Al-Baqarah Ayat 158
Sesungguhnya Safa dan Marwah merupakan sebagian syi‘ar (agama) Allah. Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa‘i antara keduanya. Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.
Surah Ali Imran Ayat 92
Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.
Surah Al Ahzab Ayat 40
Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
ADVERTISEMENT
Surah An-Nur Ayat 41
Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Al Alim dalam Hadist

Seorang muslim juga harus mengimani Allah Yang Maha Mengetahui. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ: اْلإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ دعته امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
ADVERTISEMENT
“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah dengan naungan ‘Arsy-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali hanya naungan-Nya semata. Mereka adalah pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh besar dalam beribadah kepada Rabbnya, seseorang yang hatinya senantiasa terpaut pada masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah; keduanya berkumpul berpisah karena Allah, seorang laki-laki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang berkedudukan lagi cantik lalu mengatakan, ‘Sungguh aku takut kepada Allah’, seseorang yang bersedekah lalu merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya, dan orang yang berdzikir kepada Allah di waktu sunyi, lalu berlinanglah air matanya” (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim).
Imam Al-Muzani rahimahullah juga berkata,
ADVERTISEMENT
الوَاحِدُ الصَّمَدُلَيْسَ لَهُ صَاحِبَةٌ وَلاَ وَلَدٌ جَلَّ عَنِ المَثِيْلِ فَلاَ شَبِيْهَ لَهُ وَلاَ عَدِيْلَ السَّمِيْعُ البَصِيْرُ العَلِيْمُ الخَبِيْرُ المَنِيْعُ الرَّفِيْعُ
Allah itu Maha Esa, Allah itu Ash-Shamad (yang bergantung setiap makhluk kepada-Nya), yang tidak memiliki pasangan, yang tidak memiliki keturunan, yang Mahamulia dan tidak semisal dengan makhluk-Nya, tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang setara dengan Allah. Allah itu Maha Mendengar, Maha Melihat. Allah itu Maha Mengilmui dan Mengetahui. Allah itu yang mencegah dan Mahatinggi.
Itulah Makna Al Alim (Yang Maha Mengetahui) dalam makna Alquran dan Hadist. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta keimanan.
(RDY)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020