Entertainment
·
14 Januari 2021 17:05

Alat Musik Tradisional yang Mendunia, yang Mana Musik Favoritmu?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Alat Musik Tradisional yang Mendunia, yang Mana Musik Favoritmu? (429938)
Ilustrasi Alat Musik Tradisional sumber: Dunia Kesenian
Negara Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan adatnya. Hal inilah yang akhirnya membuat Indonesia mempunyai banyak kesenian adat. Hadirnya alat musik tersebut membuat Indonesia merasa bangga.
ADVERTISEMENT
Bahkan Indonesia berusaha untuk melestarikan alat musik tersebut. Terlebih di masa modern di mana alat musik terus mengalami perkembangan. Berikut ini beberapa alat musik tradisional yang sudah mendunia dan harus Anda coba.

Alat Musik Tradisional Rebab

Salah satu alat musik tradisional yang bisa Anda ketahui adalah Rebab. Rebab merupakan alat musik yang mempunyai bentuk seperti busur panah. Alat musik ini berasal dari daerah Jawa Barat dan sering dimainkan untuk mengiringi penari. Cara memainkan alat musik sangat mudah, yakni dengan digesek.
Alat Musik Tradisional Kecapi
Kecapi menjadi salah satu jenis alat musik tradisional yang sudah mendunia. Alat musik ini termasuk ke dalam alat musik kordofon, yakni alat musik yang mengeluarkan suara dari senar. Alat musik ini berasal dari Sunda dan menjadi alat musik utama dalam Tembang Sunda dan Kacapi Suling. Kecapi saka seperti gitar, yakni dengan cara dipetik saat bermain.
ADVERTISEMENT
Alat Musik Tradisional Gendang
Alat Musik Tradisional yang Mendunia, yang Mana Musik Favoritmu? (429939)
Ilustrasi Alat Musik Tradisional, sumber: Etchnic INA
Alat musik selanjutnya yang sudah populer dan terkenal di masa sekarang adalah gendang. Alat musik ini ternyata dimiliki oleh setiap daerahnya. Akan tetapi, namanya di setiap daerah berbeda-beda. Namun, alat musik ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.
Alat musik tradisional ini merupakan alat musik yang digunakan pada pagelaran musik dengan gamelan. Biasanya alat tersebut dimainkan dengan cara dipukul pada bagian kulit. Ada yang menggunakan tangan atau pun alat pemukul untuk memainkannya. Atau bisa juga dengan diketuk pada sisi kanan dan kiri dari gendang itu.
Alat Musik Tradisional Angklung
Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang sangat populer dan masih sering digunakan. Banyak musisi yang menggunakan alat musik tersebut seperti sebuah orkestra. Terbuat dari bambu, cara memainkannya pun sangat mudah, yakni dengan menggoyangkan bambu. Nantinya akan muncul suara dari bambu akibat goyangan atau getaran.(ANG)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white