News
·
20 Agustus 2020 9:09

Anies Baswedan, Gubernur Jakarta yang Juga Mantan Rektor

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Anies Baswedan, Gubernur Jakarta yang Juga Mantan Rektor (242675)
Anies Baswedan, mantan rektor. Foto: doc : Kumparan
Anies Baswedan, sebelum menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sekarang, memulai karier sebagai peneliti, dosen dan rektor di Universitas Paramadina. Di usia 38 tahun, Anies memiliki karir yang cemerlang. Ia berhasil membawa Universitas Paramadina menjadi salah satu kampus swasta berkualitas. Tidak sampai itu saja, ia juga tercatat sebagai rektor termuda yang pernah ada di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Fakta yang ini mungkin belum diketahui banyak orang. Gubernur Jakarta tersebut ternyata menempuh pendidikan SMA selama 4 tahun. Ia bukan tinggal kelas melainkan ia sempat menjalani satu tahun studinya di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Ia terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia di pertukaran pelajaran yang dilaksanakan di Amerika Serikat.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Anies Baswedan

Walaupun ia berkecimpung di dunia pendidikan, ternyata Anies memiliki gelar sarjana ekonomi. Bukan hanya sarjana ekonomi, Anies juga punya dua gelar lainnya. Ia berhasil mendapatkan beasiswa bergengsi Fullbright untuk studi masternya. Untuk gelar masternya ini, ia memilih bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School Public Affairs University of Maryland.
Sedangkan untuk gelar doktor Anies memilih bidang ilmu politik di Northern Illinois University. Indonesia Mengajar yayasan non profit yang bergerak di bidang pendidikan tersebut memang besar di tangan seorang Anies Baswedan. Sudah tidak terhitung berapa lulusan Indonesia Mengajar yang mengabdi di pelosok negeri ini untuk mengajar.
ADVERTISEMENT
Fakta menarik lainnya adalah ia mempunyai seorang kakek yang ikut berjuang pada masa kemerdekaan Republik Indonesia. Mungkin kamu kurang mengenalnya, karena kakeknya yang bernama AR Baswedan ini lebih banyak bekerja di balik layar.
AR Baswedan adalah salah satu anggota Badan Penyelidik dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kakek Anies Baswedan ini berperan penting ketika Indonesia sedang melakukan persiapan kemerdekaan.
Anies Baswedan ternyata menyukai motor Vespa dan masih sering menggunakannya. Vespa yang ia miliki ini adalah Vespa ayahnya yang diberikan pada Anies sejak remaja. Sampai saat ini Vespa pemberian ayahnya ini masih terawat dan bisa digunakan.
(Riska Ngilan)