Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 2:23

Apa Ciri-ciri Makhluk Hidup di Bumi?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Apa Ciri-ciri Makhluk Hidup di Bumi? (292220)
Foto: Unsplash
Makhluk hidup adalah setiap individu yang meemiliki sifat kehidupan. Ada beragam jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Ada manusia, hewan, tumbuhan, mikroorganisme uniseluler seperti protista, bakteri, dan arkea. Hakikatnya, setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri kehidupan. Yuk, simak penjelasan tentang ciri-ciri makhluk hidup di sini! Perhatikan baik-baik dan coba cari makhluk hidup yang ada di sekitar rumahmu, ya!
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Secara umum, ada lima tanda atau ciri kehidupan yang sudah pasti dimiliki oleh makhluk hidup. Berikut adalah penjelasan mengenai lima ciri-ciri makhluk hidup untuk kamu.
Bernapas. Baik mikoorganisme maupun organisme selalu melakukan pernapasan, yakni menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Makhluk hidup memerlukan oksigen untuk melakukan pembakaran sari-sari makanan di dalam tubuh. Namun, alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda sesuai dengan habitanya. Manusia bernapas dengan paru-paru karena manusia hidup di darat, demikian juga dengan kuda yang bernapas menggunakan paru-paru. Sedangkan hewan air seperti ikan bernapas menggunakan insang.
Bergerak. Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk bergerak termasuk tumbuhan. Misalnya, bunga matahari yang bergerak sesuai sumber datangnya sinar matahari. Kemudian ulat yang bergerak di antara dedaunan dan ranting, atau anjing yang bergerak dengan kakinya.
ADVERTISEMENT
Membutuhkan makanan. Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan untuk mempertahankan kehidupannya dan memiliki naluri untuk mencari makan. Bahkan, tumbuhan pun mencari makan dengan menggunakan akarnya, lho! Akar tersebut menyerap nutrisi yang terkandung di dalam tanah untuk tumbuh dan berkembang.
Yups, tumbuh dan berkembang! Proses ini juga merupakan ciri-ciri makhluk hidup. Manusia tumbuh dan berkembang dari bayi hingga menjadi manusia dewasa. Tumbuhan pun tumbuh dari mulai benih atau bibit hingga menjadi tanaman dwasa.
Melakukan reproduksi. Makhluk hidup dapat melakukan reproduksi untuk mempertahankan keturunannya. Ada hewan yang melakukan reproduksi dengan cara bertelur, beranak, dan juga bertelur serta beranak seperti platypus. Kemudiam tumbuhan melakukan reproduksi dengan tunas dan bijinya.
Jadi, ada makhluk hidup apa saja di sekitar rumahmu? Coba ajak teman untuk mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup yang ada di sekitar rumahnya juga, ya! (AG)
ADVERTISEMENT