Apa itu Affiliate Marketing? Ini Dia Pengertian dan Contohnya

Konten dari Pengguna
10 Januari 2022 17:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penggunaan affiliate marketing dalam strategi pemasaran. Foto. dok. Jason Goodman di Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penggunaan affiliate marketing dalam strategi pemasaran. Foto. dok. Jason Goodman di Unsplash
ADVERTISEMENT
Istilah affiliate marketing menjadi salah satu istilah yang cukup banyak digunakan dalam bidang pemasaran. Apa itu affiliate marketing? Yuk, kita simak uraian mengenai apa itu affiliate marketing lengkap dengan contohnya dalam penjelasan.
ADVERTISEMENT

Pengertian Affiliate Marketing Lengkap dengan Contoh dalam Bidang Pemasaran

Agar suatu produk dapat laris di pasaran, kita tentu perlu memiliki strategi marketing yang matang dan cocok untuk produk yang dijual. Salah satu cara promosi dan pemasaran yang banyak digunakan adalah affiliate marketing. Apa itu affiliate marketing?
Dalam buku berjudul Kewirausahaan dari Industry 4.0 Menuju Society 5.0 yang disusun oleh Dr. Muhammad Toyib Daulay SE, MM. , ‎Annisa Sanny SE, MM. (2021: 210) pengertian affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dimana kita harus mengikuti program afiliasi terlebih dahulu.
Ilustrasi affiliate marketing dalam pemasaran. Foto. anyaberkut di Unsplash
Lebih rinci, pengertian affiliate marketing disebutkan dalam buku berjudul Satu Juta Pertama Anda Lewat Internet yang disusun oleh Java Creativity, Jefferly (2014:159) bahwa dalam pengertian Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata “affiliation” dalam Bahasa Inggris.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengertian tersebut, affiliate adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri-sendiri. Sedangkan dalam bisnis internet, afiliasi lebih diartikan sebagai kegiatan menghasilkan uang dengan memasarkan produk dari pemilik produk atau affiliate merchant.
Terdapat banyak contoh affiliate marketing yang dapat kita temukan di sekitar kita. Salah satunya disebutkan dalam buku berjudul 101 Cara Jitu Mendatangkan Trafik Website yang ditulis oleh Jefferly Helianthusonfri (2019:154) bahwa salah satu contoh situs yang punya program affiliate marketing adalah Amazon.com.
Ilustrasi affiliate marketing. Foto. dok. Campaign Creators di Unsplash
Dalam buku tersebut juga menjelaskan bahwa dalam sistem affiliate marketing di Amazon, para pemasar bisa memasarkan produk-produk Amazon.com. Selanjutnya, ketika produk tersebut terjual, si pemasar akan mendapatkan komisi dari Amazon. Jika kita menyediakan program afiliasi, maka orang-orang dapat bergabung untuk memasarkan produk yang kita jual. Nantinya akan berdampak pada peningkatan traffic website.
ADVERTISEMENT
Pemaparan mengenai affiliate marketing dan juga contohnya dapat kita pelajari untuk menggunakan strategi marketing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan produk yang dipasarkan. (DAP)